Netizen Ramai Bela Anies, Hastag #SayaPribumi Menggema di Twitter

by

Mantabz.com – Pidato resmi perdana Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta, tampaknya dibully segelintir orang dengan alasan rasis.

Dalam pidatonya, Anies mencantumkan kata-kata pribumi. Bunyi teks pidato tersebut berbunyi,

“Dan Jakarta ini satu dari sedikit kota di Indonesia yang merasakan kolonialisme dari dekat. Selama ratusan tahun,, di tempat lain penjajahan mungkin terasa jauh. Tapi di Jakarta, bagi orang Jakarta kolonialisme itu di depan mata. Dirasakan sehari-hari. Karena itu, bila kita merdeka, janji-janji harus dilunaskan. Dulu kita semua, pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan dalam pepatah madura.”

Terkait pidato tersebut, Anies pun meluruskan konteks dalam pernyataan tersebut.

“Itu pada konteks pada era penjajahan. Karena saya menulisnya juga pada zaman penjajahan dulu karena Jakarta itu kota yang paling merasakan,” kata Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/10/2017).

Komentar miring terkait pidato Anies yang dilakukan segelintir orang mendapat pembelaan dari netizen. Pembelaan tersebut terlihat dari hastag #SayaPribumi menggema di dunia twitter.

Hastag tersebut ditujukan sebagai pembelaan terhadap pidato Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang kini dipersoalkan oleh segelintir orang.

Bedasarkan pantauan, hastag tersebut sudah ramai dicuitkan oleh pengguna twitter sejak kemarin sore (17/10/2017).

“Jangan sampai hanya gara-gara kata “Pribumi” yang dipersoalkan beberapa orang, lalu kemudian muncul “Gerakan Pribumi Bersatu” ya #SayaPribumi, ucap akun @adv_supyadi

“Mari lambungkan hastag #SayaPribumi sebagai bentuk perlawanan kesewenang-wenangan #iDeasRabbani,” ucap akun @PrijantoRabbani

“Kalian gak perlu Kejang-gitu dengan kata pribumi, kalian cinta NKRI ya kalian pribumi…sebab pribumi itu Pemilik NKRI… gitu aja ko repot #SayaPribumi,” kata akun @MAHENDRA_GNW

“Heran kok ada yang ngaku Indonesia tapi kejang2 dgn hestek #SayaPribumi Kalian itu beneran cinta Indonesia ato lebih suka jadi jongos Aseng?,” kata akun @RestyCayah.

“Karena hanya Pribumi-lah yang tahu cara menghormati pemimpinnya… Walau… ah sutralaaaah! #SayaPribumi,” ucap akun @BoengParno.

Hingga saat ini, #SayaPribumi masih menjadi trending di twitter.

Loading...