16 Oleh – Oleh Khas Banda Aceh: Makanan, Minuman dan Aksesoris

Posted on

Oleh – oleh Khas Banda Aceh, mulai dari makanan dan minuman merupakan hal yang penting dilakukan wisatawan selain jalan – jalan mengujungi lokasi wisata. Biasanya oleh – oleh yang dibawa pulang untuk keluarga, teman atau siapa saja yang titip untuk minta tolong dibelikan.

Kabar baiknya, di Aceh makanan dan minumannya sebagai oleh – oleh terkenal khas dan kehalalannya. Mengenai harga sangat terjangkau. Artinya dengan uang berapa pun Anda bisa membawa pulang oleh – oleh.

Nah, apa saja nama oleh – oleh khas dari Banda Aceh? Simak informasinya di bawah ini.

Awalnya, kami sudah menulis mengenai banyak hal tentang Anda, salah satunya rental mobil Banda Aceh dengan aneka unit mobil bisa di sewa.

Makanan dan Minuman Aceh

Kita mulai dari makanan dulu ya. Bisa makanan berat dan makanan ringan. Pilihan diserahkan kepada Anda.

1. Kue Bhoi

Informasi terkait dengan Kue Bhoi yang merupakan oleh - oleh khas Banda Aceh
Tampak dari Kue Bhoi Aceh yang menyerupai ikan (food.detik)

Banyak pengunjung yang mengincar jenis makanan ini. Alasannya, cocok untuk teman ngopi atau minum teh dipagi dan sore hari. Bagi rakyat Aceh, memakai kue Bhoi sudah menjadi kebiasaan warga Aceh sendiri.

Untuk bentuk kue ini sangat bervariasi, mulai dari bentuk bunga, ikan, bintang dan bentuk lainnya. Dengan bentuk tersebut, anak – anak langsung mendekat melihatnya, bukan?

Rasanya yang lembut membuat mudah untuk langsung di makan. Tambah nikmat apabila sebelum masuk kemulut di celupkan dahulu kedalam air kopi atau teh yang sedang hangat – hangatnya.

Bisa dibeli dengan yang murah meriah, yaitu mulai dengan uang mulai 8k Anda sudah bisa membelinya.

2. Kue Keukarah

Ulasan tentang Kue Keukarah sebagai salah satu pilihan oleh - oleh khas Banda Aceh.
Kue Keukarah saat baru di goreng dan siap di jual (daerahkita)

Bahannya terbuat dari tepung dan bentuknya bak sarang burung. Rasanya yang renyah plus manis membuatnya bisa dengan mudah masuk kedalam mulut. Sudah pasti teman sejati kue ini adalah kopi khas Aceh.

Untuk membuatnya, ada cetakan khusus sehingga mirip dengan sarang hewan terbang. Kelebihan dari oleh – oleh yang ini adalah bisa tahan lama alias tidak mudah basi.

3. Kopi Aceh

Minuman yang khas di Aceh adalah kopi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warung kopi disudut – sudut kota Banda Aceh. Maka dari itu, bagi pengunjung yang datang ke Aceh, rasanya tidak lengkap tanpa membawa pulang kopi.

Tersedia berbagai jenis kopi, mulai dari kopi Arabika dan kopi Robusta. Keduanya bisa dibeli dalam bentuk digiling dan juga dalam bentuk biji.

Anda bisa membeli sebagai oleh – oleh atau untuk dijual kembali pun boleh.

3. Ikan Kayu

Oleh – oleh kali ini beda, karena khas makanan laut yang dihasilkan para nelayan yang melaut dengan alat transportasi laut yang namanya adalah ikan kayu.

Yang menarik darinya adalah waktu dalam pembuatannya yang tidak bisa cepat. Ada proses mentaburi garam, direbus, dijemur hingga ikannya kering. Akhirnya jadilah ikan yang enak dan gurih untuk di santap.

Plus dari ikan kayu ini adalah ikan tidak mudah busuk, kabarnya bisa bertahan sampai dengan 2 tahun lamanya. Varian yang dijual ada beberapa, tidak hanya satu saja. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

3. Dendeng Aceh

Daging yang dipilih untuk membuat dendeng Aceh ini adalah daging sapi dan bisa juga daging rusa. Yang bikin penasaran adalah bumbu untuk mengolahnya. Menurut informasi, resep membuat dendeng ini sudah sedari dulu diwariskan. Itulah mengapa rasanya selalu terjaga, yaitu: manis, asin dan gurih ketika di santap.

Anda jika mau belajar membuat dedeng Aceh harus sabar karena waktu yang dibutuhkan sekitar 100 hari pengerjaannya, mulai dari pengolahan sampai dengan penjemuran.

Untuk harga jual di pasaran yang ada di Banda Aceh, biasanya mulai dari 100k saja.

Dendeng cocok untuk dibawa bepergian karena ketahanannya yang lama, dan tidak mudah basi.

4. Kembang Loyang

Ini adalah kunyahan yang sering dijumpai ketika lebaran Idul Fitri tiba. Ternyata bisa juga dijumpai pada hari biasa di pasar Aceh dan menjadi jajanan bagi wisatawan untuk di bawa pulang sebagai oleh – oleh.

Adapun bahan untuk membuat kue Kembang Loyang ini adalah tepung beras yang dicampur dengan beberapa telur, gula pasir, dan pati santan. Selanjutnya dimasukkan kepenggorengan dengan cetakan khusus yang sudah disediakan supaya bentuknya sesuai yang di harapkan.

Untuk menemani waktu santai bersama keluarga, cemilan Aceh ini cocok menjadi pilihan disebabkan rasanya yang renyah dan gurih.

5. Kue Adee Meureudu

Untuk membuat kue ini, bahan yang diperlukan adalah singkong dan tepung terigu. Namun kali ini Anda tidak perlu repot untuk membuatnya karena di pasar Banda Aceh banyak yang menjualnya sebagai oleh – oleh. Ramai diminati karena memiliki rasa yang cukup manis dan gurih dilidah.

Untuk harga, Anda jangan khawatir karena cukup terjangkai, yaitu mulai dari 20k/bungkus.

6. Kue Bakpia Aceh

Bukan hanya di pulau Jawa saja ada yang namanya Bakpiah. Ternyata di Aceh pun ada juga. Apakah rasanya sesuai dengan yang di pulau Jawa? Tidak tahu pasti. Untuk menjawabnya Anda bisa membelinya dipasar Aceh dan silahkan bandingkan sendiri.

Yang pasti pada Bakpiah versi Aceh ini sangat mengerti keinginan pembeli yakni dengan disediakannya banyak rasa.

7. Sale Pisang

Buah tangan yang satu ini adalah jajanan yang cukup melegenda, yaitu Sale Pisang. Proses masaknya sangatlah unik, dimana pisang terlebih dahulu dijemur sampai dengan kering, lalu proses pengasapan dibalut dengan gula tebu.

Khas rasanya dan manfaat gizinya sangat baik bagi tubuh manusia. Anda jangan khawatir, karena pisang sale sangat awet alias tahan lama.

Baca: Alat Musik Tradisional Aceh

Selain dari jajanan makanan dan minuman khas Aceh, berikut adalah oleh – oleh dalam bentuk lain, seperti pakaian, aksesoris dan sejenisnya yang banyak juga di incar para wisatawan dari luar Aceh. Apa sajakah itu?

1. Sarung Ija Kroeng

Fungsi sarung memang banyak, bisa untuk sholat, dipakai tidur dan untuk kegiatan lain. Tampaknya, Aceh memanfaatkan ini jadi peluang bisnis dengan terciptanya Sarung Ija Kroeng yang punya ciri khas tersendiri.

Anda bisa menjadikan sarung yang terbuat dari bahan katun ini sebagai buah tangan untuk orang tertentu. Apalagi cara pembuatannya masih tradisional, yaitu industri rumahan.

Untuk coraknya, tersedia pilihan warha hitam dan warna putih sehingga juga cocok untuk dipakai oleh para wanita.

2. Pinto Aceh

Jenis oleh – oleh yang satu ini cocok untuk kaum wanita. Sebuah perhiasan yang bernama Pinto Aceh, seperti gelang, kalung, bross, sanggul dan macam – macam lainnya.

Proses pembuatannya yang sangat hati – hati sebagai langkah untuk menghasilkan Pinto Aceh yang indah dipandang mata.

Bagi Anda penggemar perhiasan, cocok untuk membelinya.

3. Songket Aceh

Aceh juga mempunyai kain songket yang khas. Cara pembuatannya dengan cara ditenun. Songket punya banyak macam fungsi, mulai dari dijadikan hiasan dinding, dipakai untuk upacara adat Aceh, dan biasanya banyak dipakai wanita Aceh saat acara daerah yang dipadukan dengan pakaian adat Aceh itu sendiri.

Motif Songket Aceh ini cukup beraneka ragam, tetapi didominasi dengan motif yang bercorak perak dan emas. Dengan keunikannya, wajar saja harganya tidak bisa dibilang murah.

Baca: Ulama Aceh Yang Terkenal

Tips Belanja Oleh-Oleh

Budaya belanja oleh – oleh memang tidak bisa dipisahkan dari orang yang melakukan jalan – jalan, apalagi travelling-nya kental dengan nuansa liburan atau wisata. Dalam perjalannya, pasti singgah ketempat pusat pasar untuk mengetahui produk khas lokal dan jika memungkinkan membelinya.

Ya, membeli memang perkara mudah jika ada uangnya. Maka dari itu, perlu sebuah cara untuk belanja oleh – oleh bisa efektif. Jangan sampai apa yang mau dibelanjakan tidak sesuai dengan harapan. Sesal kemudian di dapat.

Simak tipsnya berikut ini.

1. Tulis Terlebih Dahulu

Sebelum pergi ke pasar, sebaiknya Anda mengambil sebuah kertas dan pulpen untuk membuat list oleh – oleh apa yang jendak dibeli.

Dengan semuanya tertulis, Anda tidak akan lupa. Selain itu waktu Anda akan efisien.

Baca: Jasa Pembuatan Website Medan

2. Sesuaikan dengan anggaran yang ada

Perhatian kemampuan keuangan Anda dalam membeli oleh – oleh. Jangan sampai keinginan besar namun kemampuan keuangan tidak sesuai.

3. Beli Yang Berkualitas

Banyak produk lokal yang ada, namun Anda harus selektif dalam memilih. Jangan sampai tertipu dengan produk imitasi atau contohan. Diharapkan Anda sudah memiliki spesifikasi produk yang mau di beli, mulai dari bahan, label dan yang lainnya.

Baca: Jasa Pasang Plafon Medan

Tempat Beli

Anda tak perlu khawatir, karena banyak guide yang akan mengarahkan Anda ke lokasi pusat perbelanjaan. Atau zaman sekarang Anda bisa pakai google map untuk menemukan tujuan. Untuk daerah perkotaan, Google map masih bisa di andalkan.

Hampir di pusat perkotaan tersedia produk lokal Aceh dijual untuk jadi buah tangan.

Baca: Paket Wisata Aceh

Demikian dulu informasi tentang oleh – oleh khas Banda Aceh kami sampaikan untuk para pembaca yang budiman. Semoga memberikan manfaat dan silakan bagikan artikel ini kepada teman Anda yang ada di sosial media.

Silahkan berkomentar