11 Pakaian Adat Tradisional Bali Pria dan Wanita serta Faktanya

Posted on

Pakaian adat tradisional Bali, gambar dan keterangannya merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia yang harus mendapat perawatan dari semua elemen bangsa, khususnya pemerintah. Dengan kita melestarikan budaya bangsa, maka dengan begitu kita termasuk bangsa yang menghargai jasa para leluhur Indonesia.

Pada pakaian adat Bali banyak ditemukan nilai dan keunikan yang harus jadi pelajaran. Misalnya kenapa warga pakaian Bali banyak yang putih? Kemudian kenapa juga coraknya berbentuk kotak – kotak? Jika digali lebih dalam lagi, maka akan banyak falsafah dalam pakaian Bali tersebut. Sehingga kita tidak melihat apa yang tampak, tetapi lebih jauh lagi, apa yang terkandung dalam budaya Indonesia itu.

Untungnya, Bali menjadi daerah wisata yang mendunia. Dampaknya banyak budaya bali yang juga mendunia. Salah satunya adalah pakaian adat Bali itu sendiri yang banyak dikenakan oleh artis. Bukan tanggung – tanggung, artis internasional mengenakannya. Dan semoga saja ini menambah kekuatan cinta warga Indonesia terhadap budaya nusantara. Jika orang asing saja mau mengenakan pakaian daerah Bali, kenapa pula kita harus malu? Tapi para pembaca bukanlah yang saya maksudkan lho ­čÖé

Oke, langsung saja kita sampaikan satu persatu mengenai pakaian adat tradisional Bali yang pria dan wanita.

1.Kamen (Kain Bawahan Pakaian)

Kamen ialah kain tradisional berbentuk persegi yang biasa dipakai oleh pria dan wanita Bali dalam berbagai acara. kamen berfungsi sebagai bawahan pengganti celana. Kamen digunakan dengan cara diikatkan atau dililitkan pada tubuh seseorang.

Penjelasan mengenai pakaian adat tradisional Bali yang unik
Sumber Shopee

Kamen memiliki ukuran yang sama dengan kain sarung. Yaitu dengan panjang sekitar 2 meter dan tinggi 1 meter. Kamen terbuat dari kain yang tipis. Kamen bisa dipakai oleh pria dan wanita di Bali namun dengan cara pemakaian yang berbeda. dalam menggunakan Kamen ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu jarak kain Kamen dengan telapak kaki yaitu sekitar satu jengkal. Lalu lipatan pada bagian tengah sengaja dibuat lancip dengan ada sedikit bagian yang menjulur ke tanah.

2. Kamen Wanita Bali

Penjelasan tentang Kamen Wanita yang kerena dan banyak di cari
Sumber Bukalapak

Wanita Bali juga menggunakan kain kamen sebagai bawahan. Kamen yang dipakai oleh wanita tentu berbeda dengan yang dipakai pria, baik dari corak maupun cara pemakaiannya. Pada wanita corak yang ditampilkan biasanya berupa batik bunga dengan warna yang cerah segar dipandang mata. Kain kamen dipakaikan hingga sampai sekiranya sejengkal dari telapak kaki. Dengan tujuan agar selain tetap terlihat anggun, wanita juga masih bisa bergerak dan berjalan dengan nyaman. Walaupun memang penggunaan kamen bagi wanita ini sedikitnya membatasi gerak langkahnya.

3. Baju Safari (Jas Berkerah)

Deskripsi tentang Baju Safari Bali yang banyak di jual di online
Sumber Google Image

Baju yang dipakai pria sebagai pakaian tradisional di bali adalah sejenis kemeja tertutup dengan kancing dan juga berkerah. Kebanyakan baju yang dikenaka adalah berwarna putih. tidak ada aturan khusus dengan baju apakah berkantong atau tidak, Yang terpenting diperhatikan pakaiannya harus rapih, bersih dan sopan tentunya. Dan ketika dipadukan dengan pendukung baju yang lainnya tetap terlihat selaras dan indah dipandang mata.

4. Selendang Bali

Penjabaran tentang Selendang Bali dan keterangannya
Sumber Bukalapak

Secara filosofi, pemakaian selendang bagi wanita Bali ini mengkiaskan pengabdian dan kesediaan yang harus dimiliki wanita dalam mendidik putra-putri agar berbakti dan patuh pada orang tua dan agama. Selendang ini diletakkan dibagian bahu yang di juntaikan kebawah.

5. Sabuk Prada

Penyampaian tentang Sabuk Prada yang keren dan banyak dicari´╗┐

Filosofi dari pemakaian sabuk pada pakaian adat Bali untuk wanita ini adalah sebagai gambaran untuk melindungi diri khususnya bagian rahim sebagai anugerah dari Tuhan. selain itu sabuk ini juga digunakan untuk menahan kamen yang dipakai agar tidak melorot dan membuat penampilan wanita jadi lebih anggun. sabuk prada juga menjadi pengingat dalam pengendalian diri dan mencegah perbuatan yang buruk.

6. Saput

Ulasan tentang Pakaian Adat Bali Saput´╗┐ Yang keren
Sumber Baliya

Kain saput seringkali dipakai dalam ragam upacara keagamaan ataupun pernikahan. Saput adalah sejenis kain bercorak yang biasa dikenakan di bagian lapisan atas kamen. Jadi pemakaiannya dikenakan setelah kamen terpakai dengan sempurna. Cara mengenakannya adalah dengan mengikatkan saput di sekitaran pinggang dan diputar dari kanan ke kiri.

Baca : Rental Mobil Bali

7. Sabuk Selendang

Lampiran tentang Pakaian Adat Bali Sabuk Selendang
Sumber Baabun.com

Dalam memakai baju tradisional bali bisa juga ditambahkan pelengkap atau aksesoris pendukung, salah satunya adalah sabuk. Sabuk yang dikenakan juga pastinya sabuk tradisional, yakni berupa kain yang diikatkan dengan simpul hidup di pinggang setelah kamen dan saput. penggunaan sabuk juga memiliki Filosofi yaitu mengkiaskan keharusan untuk bisa mengendalikan diri dari hal-hal buruk. Yang mana hal ini sangat penting kiranya bagi seorang pria.

8. Saput Poleng

Dalam arti harfiah saput berarti selimut atau kain dan poleng berarti berwarna dua. jika kita perhatikan pada adat bali sering ada kain kotak – kotak hitam putih seperti papan catur itulah yang dimaksud dengan saput poleng. Karena kain kotak-kotak hitam dan putih ini memiliki makna spiritual khusus dan hanya digunakan di lokasi tertentu dan hanya dipakai oleh orang-orang tertentu pada peristiwa tertentu

Uraian tentang Fashion Saput Poleng Bali yang keren ´╗┐
Sumber Blogger

Untuk memahami makna filosofis dibalik Saput Poleng pertama-tama kita harus mengerti sedikit tentang Hinduisme Bali. adapun makna filosopis dari saput poleg ialah bahwa masyarakat bali percaya ada 3 lapisan spiritual (mandala), lapisan luar (jaba mandala), lapisan tengah (madya mandala), dan lapisan dalam (mandala utama). Ketiga lapisan ini juga terlihat dalam arsitektur pura Bali (pura), bahkan rumah.

9. Kebaya Bali

Ulasan tentang Pakaian Kebaya Bali´╗┐ yang unik anggun dikenakan
Sumber Tribunnews

Kebaya tradisional yang biasa dikenakan para perempuan Bali ini memiliki corak atau motif yang cukup sederhana dengan paduan warna yang cerah dan segar. Kebaya ini apabila dipakai oleh wanita bali maka akan terlihat sisi anggun dan ayu dari wanita Bali akan terlihat lebih konkrit.

10. Sanggul Bali

Uraian terkait dengan Pakaian Adat Sanggul Bali´╗┐ yang menarik
Sumber Youtube

Setidaknya ada tiga macam sanggul yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Ketiga sanggul tersebut yaitu pusung gonjer, pusung kekupu dan pusung tagel. Selain bentuknya beda, ketiga sanggul itu juga sekaligus sebagai ciri dan pembeda.

Ada beberapa jenis sanggul yaitu :

  • Pusung kekupu (podgala) lazimnya digunakan secara khusus oleh wanita yang telah berstatus janda.
  • Pusung gonjer, biasa dipakai oleh wanita yang masih lajang alias belum menikah
  • Pusung tagel dipakai oleh wanita yang sudah menikah.

11. Udeng

Penjelasan menyeluruh tentang Pakaian Adat Bali bernama Udeng
Sumber Lazada

Udeng adalah sejenis Ikat kepala yang menjadi ciri khas dari pakaian tradisional baju Bali. Udeng memiliki 2 jenis, ada udeng putih untuk dipakai saat melakukan ibadah ataupun acara keagamaan lainnya, ada juga udeng dengan motif batik yang bisa di gunakan untuk kesehariannya. Udeng Bali ini juga memiliki simpul di bagian tengah yang terdapat di depan. Simpul itu menyimbolkan jika pamakainya harus bisa berpikir jernih dan juga untuk memusatkan diri untuk fokus saat sedang beribadah.

Baca : Keunikan Pakaian Adat Tradisional Bali

Demikian kami sampaikan informasi mengenai pakaian adat tradisional Bali untuk pria dan wanita serta faktanya yang semoga memberikan manfaat terhadap pembaca yang budiman. Jangan sungkan untuk memberikan kritik terhadap informasi yang ada pada artikel ini.