47 Pengertian Akuntansi Menurut Ahli dan Kesimpulannya

Posted on

Pengertian akuntansi menurut para ahli dan Kesimpulannya adalah informasi yang bersifat penting sekali untuk diketahui oleh mereka yang sedang belajar ekonomi atau matematika. Banyak definisi terkait akuntasi untuk dijadikan referensi dalam pembuatan makalah, skripsi atau sebuah artikel.

Pengertian akuntansi dan kesimpulan adalah sebuah korelasi yang saling terkait. Tanpa ada kesimpulan dari sebuah definisi, maka banyak orang tidak dapat menemukan pesan penting dari sebuah teori, apalagi teori itu berasal dari para ahli, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Banyak sumber informasi tentang arti dari akuntansi, bisa dengan membaca buku, diskusi dengan dosen atau mencarinya pada laman Komunikasi Daring. Bisa dibilang cukup mudah mendapatkan informasinya dan cepat. Manusia sekarang dimudahkan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan apa yang diinginkannya.

Kemudahan informasi tentang maksud dari akuntasi apakah mampu membuat orang banyak jadi ahli? Jawabannya belum tentu. Semua dikembalikan kepada manusianya sendiri. Jika memang seoarang pembelajar sejati, maka ia akan cepat menjadi orang yang berwawasan luas. Namun jika manusianya memang bukan orang yang punya semangat menuntut ilmu, maka mereka akan tetap dikenal sebagai orang yang tidak bertambah ilmunya.

Akuntasi via paysimple

Mengapa Harus Tahu Pengertian Akuntasi?

Ada banyak alasan kenapa mereka, khususnya mahasiswa harus membaca pengertian akuntasi terlebih dahulu. Alasan pertama karena pengertian akuntasi adalah dasar ilmu untuk belajar kepada tingkatan ilmu akuntasi selanjutnya. Mereka yang tidak tahu tentang definisi dari akuntasi, maka mereka akan mengalami masalah yang berarti ketika belajar. Bisa dikatakan bahwa tahu akan arti dari akuntasi sifatnya wajib.

Alasan selanjutnya adalah untuk melakukan studi banding atas pendapat para ahli akuntansi dari yang satu dengan yang lainnya. Ada pendapat yang berbeda dan ada yang nyaris sama. Dari perbedaan dan persamaan ini akan membuat wawasan Anda semakin luas.

Baiklah, berikut ini adalah poin demi poin pengertian akuntansi menurut para ahli. Selamat membaca.   

1. Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi merupakan suatu proses pengindentifikasian, pengukuran dan juga pengkomunikasian informasi ekonomi supaya memungkinkan pemakai dalam membuat keputusan.

2. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Akuntansi merupakan sebuah kegiatan jasa yang adalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, khusunya yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan berbagai pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

3. Ikatan Akuntan Amerika

Akuntansi merupakan sebuah potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang akan memungkinkan suatu penilaian serta pilihan yang jelas dan tegas untuk individu yang memanfaatkan data.

Lihat: Pengertian Seni Tari Menurut Ahli

4. Sofyan Harahap (2005)

Akuntansi merupakan suatu proses mengidentifikasikan, mengukur, serta menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi untuk mempertimbangkan berbagai alternatif di dalam mengambil kesimpulan oleh para penggunanya.

5. Rudianto

Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha tertentu.

6. Abu Bakar A. dan Wibowo

Akuntansi adalah sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya, akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan

7. Warren Dkk

Menjelaskan bahwa akuntansi secara umum adalah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.

8. Arnold

Menjelaskan akuntansi yang dipandang sebagai sistem untuk menyediakan sebuah informasi khususnya keuangan kepada siapa saja yang membuat keputusan dan yang mengendalikannya.

9. Dr. M. Gede

Akuntansi merupakan sebuah ilmu pengetahuan terapan sekaligus seni pencatatan yang dilaksanakan secara terus menerus menurut aturan dan juga sistemnya, pengolahannya serta analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan ataupun lembaga pada kinerjanya.

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Akuntansi merupakan teori dan praktik perakunan, termasuk di dalamnya adalah tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya. Hal yang berkaitan dengan akuntan; seni pencatatanserta pengikhtisaran transaksi keuangan dan juga penafsiran akibat sebuah transaksi kepada sebuah kesatuan ekonomi.

11. ACCOUNTING PRINCIPLES BOARD Statement No. 4 (Muhammad, 2002:10)

Akuntansi merupakan sebuah kegiatan jasa, yang berfungsi dalam menyediakan informasi kuantitatif. Khususnya yang sifatnya finansial mengenai entitas ekonomi yang dimaksudkan supaya dapat berguna pada mengambil keputusan ekonomi – membuat pilihan – pilihan nalar di antara berbagai alternatif tindakan.

12. Kieso, et al. (2016:2)

Akuntansi terdiri atas tiga aktivitas yang mendasar yakni identifikasi, pencatatan serta pengkomunikasian kejadian ekonomi sebah organisasi terhadap pihak yang berkepentingan. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi sesuai dengan aktivitas usahanya serta kemudian mencatat peristiwa itu untuk menyediakan catatan aktivitas keuangan. Pencatatan dilakukan dengan cara sistematis, kronologis setiap peristiwa, dalam satuan mata uang. Dan akhirnya mengkomunikasikan kumpulan informasi tersebut terhadap pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan akuntansi atau yang juga dikenal dengan laporan keuangan.

13. ENCYCLOPEDIA BRITANNICA (1962)

Akuntansi merupakan sebuah istilah yang luas untuk menggambarkan berbagai teori tertentu, asumsi-asumsi mengenai cara bertindak (behavior), berbagai peraturan cara mengukur sekaligus menjadi prosedur untuk mengumpulkan serta melaporkan informasi yang berguna mengenai aktivitas dan tujuan dari suatu organisasi.

14. Zaki Baridwan (2000)

Akuntansi adalah adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah menyiapkan data-data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alhternatif dalam suatu keadaan

15. Sofyan Harahap (2005)

Akuntansi diartikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.

Lihat: Pengertian Seni Musik Menurut Ahli

16. Henry Simamora (2005)

Akuntansi (accounting) adalah proses pengukuran aktifitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan

17. Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

18. S. Munawir (2005)

Akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

19. Soemarso S.R. (2004)

Akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

20. American Accounting Association

Akuntansi merupakan sebuah proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, dan laporan transaksi keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan sebagai informasi dalam pengambilan keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.

21. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi ialah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

22. Dr. M. Gede

Akuntansi merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya.

22. Winwin yadianti, Ilham Wahyudin (2006 : 6-7)

Akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi, mencatat, serta mengkomunikasikan kegiatan ekonomi dari sebuah organisasi untuk pihak yang berkepentingan.

23. Mautz

Akuntansi merupakan suatu ilmu sosial yang lengkap.

Dan dalam argumentasi yang disampaikan Mautz berbunyi:

“akuntansi berkaitan dengan perusahaan, yang tentunya adalah kelompok sosial. Akutansi berkepentingan dengan berbagai macam transaksi serta kejadian ekonomi lainnya yang mempunyai konsekuensi serta memiliki dampak atas hubungan sosial akuntansi yang menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat serta berarti untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan yang mempunyai implikasi sosial. Akutansi pada hakikatnya memiliki sifat mental menurut dasar-dasar pedoman yang ada, akuntansi merupakan suatu ilmu sosial”.

24. Martani (2012:8)

Akuntansi keuangan berorientasikam pada pelaporan pihak eksternal.

Beragamnya pihak eksternal dengan tujuan spesifik untuk tiap-tiappihak membuat pihak penyusun laporan keuangan memakai prinsip serta asumsi dalam penyusunan laporan keuangan.

Maka dari itu, dibutuhkan standar akuntansi yang kemudian dijadikan pedoman baik oleh penyusun ataupun oleh pembaca laporan keuangan.

Laporan yang dihasilkan dari akuntansi keuangan berwujud laporan keuangan yang memiliki tujuan umum (general purpose financial statement).

25. Wikipedia

Akuntansi merupakan suatu pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian tentang informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak serta pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

26. Financial Accounting Standars Board (FASB)

Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang memiliki fungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif dan selanjutnya dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.

27. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Akuntansi merupakan suatu seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang susai serta dinyatakan dalam satuan mata uang, berbagai kegiatan transaksi serta kejadian yang setidaknya bersifat finansial serta penafsiran hasil-hasilnya.

28. KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN RI (NO. 476 KMK. 01 1991)

Akuntansi merupakan sebuah proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian serta pelaporan transaksi keuangan dari sebuah kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan untukpara pemakai laporan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

29. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan

30. Littleton

Akuntansi adalah perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.

31. Mulyadi

Akuntansi difungsikan sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan

32. Paul Grady

Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik, dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

33. Suparwoto L

Akuntansi adalah sebagai suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal meliputi investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

34. Kohler’s Dictionary

Akuntansi merupakan suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.

35. West Churman

Mengemukakan bahwa akuntansi ialah pengalaman tertulis yang gunanya untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

36. Littleton (Muhammad, 2002:10)

Akuntansi merupakan perhitungan atau kalkuasi komparasi antara biaya-biaya yang ada sebagai suatu usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan suatu usaha atau prestasi tersebut.

37. KAM (1990)

Akuntansi merupakan sebuah seni pencatatan dari kegiatan transaksi keuangan.

38. Dr. M. GADE

Akuntansi merupakan sebuah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilaksanakan secara terus menerus menurut sistem tertentu, mengolah dan juga menganalisis catatan itu hingga bisa dirancang menjadi suatu laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pimpinan perusahaan atau lembaga pada kinerjanya.

39. Sugiri dan Riyono (2008:1)

Akutansi merupakan suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif, tertama yang berhubungan dengan keuangan. Informasi itu diharapkan bisa menjadi masukan dalam proses pegambilan keputusan ekonomik serta rasional.

40. Thomas Sumarsan (2013 : 1)

Akuntansi merupakan sebuah seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi dan juga kejadian yang berkaitan dengan keuangan, sehingga mampu menghasilkan informasi yang berguna dan kemudian menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan yang bisa dipakai oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

41. Sudibyo (1987)

Akuntansi adalah suatu teknologi, sehingga harus diperlakukan sebagai teknologi pula. Teknologi dipakai untuk mengendalikan berbagai variabel alam serta sosial untuk meraih kehidupan tertentu yang lebih baik.

Jika akuntansi diarahkan menjadi teori, maka seharusnya teori akuntansi bersifat bebas dari nilai sosial serta tidak bersifat normatif.

Teori semestinya tidak mempengaruhi secara langsung kepada penerapan atau praktik akuntansi. Sebab teori tidak mengendalikan variabel yang diteorikan.

42. Widjaya Tunggal

“Akuntansi sering kali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan (language of business) yang berguna untuk memberikan informasi yang bisa dipakai dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini berupa data yang disajikan atau diperoleh perusahaan yang sifatnya finansial atau keuangan serta dinyatakan dalam berbagai istilah moneter”.

43. Suwardjono

“Akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi, serta peristiwa , yang sifatnya keuangan dengan cara yang berdaya guna serta dalam wujud satuan uang, dan penginterprestasian hasil proses tersebut.”

44. Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3)

“Akuntansi merupakan sebuah sistem informasi keuangan, yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan kemudian melaporkan informasi yang relevan untuk berbagai pihak yang berkepentingan”.

Dari definisi di atas maka bisa kita simpulkan bahwa akuntansi merupakan suatu proses identifikasi, pencatatan, dan juga pengkomunikasian hasil akhir berwujud laporan keuangan yang mencerminkan kondisi dari perusahaan terhadap berbagai pihak yang berkepentingan.

45. Horngern (2000)

Menurut Horngern (2000) menyatakan bahwa akuntansi adalah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.

46. Akuntansi Menurut Ilmuwan Malaysia

Perakaunan adalah aktiviti penyampaian maklumat kewangan sesebuah entiti perniagaan kepada pengguna berkepentingan seperti pemegang saham dan pengurus. Umumnya, aktiviti ini dipersembahkan melalui penyata kewangan yang memperincikan sumber-sumber ekonomi dalam unit mata wang yang berada di bawah kawalan pengurusan. Perakaunan merupakan salah satu cabang Sains Matematik di mana ianya mencari punca kejayaan dan kegagalan sesebuah entiti perniagaan.

47. Anomim

Perakaunan adalah suatu seni komunikasi maklumat kewangan sesebuah entiti perniagaan kepada pengguna-pengguna seperti pemegang saham dan pengurus.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui terkait dengan pengertian Akuntasi. Berdasarkan dari pengertian – pengertian diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian akuntansi sangat identik dengan sebuah perhitungan dan pelaporan kegiatan ekonomi dari sebuah perusahaan. Pelaporan tersebut menjadi sebuah dasar filosofi bagi pihak terkait untuk dasar dalam mengambil sebuah keputusan. Tentunya keputusan akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan jalannya sebuah perusahaan.

Pihak yang terkait dalam Akuntansi adalah direktur, komisaris, manajer, perbankan, pajak dan lain – lain.    

Lihat: Pengertian Sejarah Menurut Ahli

Sepertinya masih banyak lagi pendapat ahli terkait dengan pengertian akuntasi. Hanya saja, jumlah yang kami sampaikan diatas sepertinya sudah melebihi dari cukup untuk sebuah referensi. Anda bebas untuk sampaikan kritik, saran dan komentar pada kolom dibawah. Terima kasih sudah mampir.