6+ Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli, baik dari ahli dalam negeri dan luar negeri adalah informasi penting yang harus diketahui secara benar. Pada artikel ini, uriaian tersebut akan disampaikan secara lengkap dan mudah dipahami sehingga layak dijadikan sebagai referensi untuk membuat makalah atau karya ilmiah serta tugas lainnya.  

Selain pengertian filsafat pendidikan menurut ahli, ada juga artinya yang merujuk pada pendapat umum saja. Meski umum, tidak sedikit pula mahasiswa dan guru yang mencarinya sebagai rujukan tambahan dalam memperkuat argumentasi pada karya ilmiahnya.

Mengetahui definisi filsafat pendidikan menurut ahli memang terkadang menimbulkan kebingungan. Kenapa? Karena ada para ahli yang menyampaikan pendapat dan terjadi perbedaan. Lalu apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan adalah jangan bingung. Cukup dengan mensyukuri bahwa begitu luasnya khazanah ilmu yang ada di dunia pendidikan. Perbedaan dari pendapat para ahli dalam bukan untuk dijadikan polemik atau perdebatan. Kita harus akui bahwa mereka adalah orang yang punya kompetensi dan harus dihargai pendapatnya.

Mereka yang sedang membutuhkan informasi pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli biasanya akan melakukan pekerjaan yang dinamakan browsing pada laman internet dengan memakai alat komunikasi modern (laptop, tablet, gadget). Cara ini dirasakan sebagai cara tercepat untuk menemukan informasi apa yang dicari. Meski akurasinya harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menjadikannya sebagai referensi dalam tulisan atau argumentasi diskusi.

Selain browsing di internet, sebagian dari mereka memakai cari dengan membaca buku, apakah dengan berkunjung keperpustakaan atau dengan beli buku di toko buku yang ada. Sumber pada buku cetak dinilai lebih akurat. Hanya saja, cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada cara yang pertama.

Lalu, cara yang mana yang hendak Anda pilih? Tebakan kami Anda akan memilih cara yang pertama. Namun saran kami tetap harus melakukan cek dan ricek supaya akurasi informasinya benar. Kita harus paham bahwa di internet bertebar informasi yang bersifat hoax dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Sikap waspada harus di kedepankan. Jadilah pembaca yang cerdas. Saat ini, tidak semua orang yang menggunakan smartphone adalah orang yang cerdas.

Sekedar informasi untuk Anda, bahwa di blog ini sudah banyak kami publikasi terkait dengan filsafat, mulai dari pengertian filsafat hukum dan pengertian filsafat ilmu serta pengertian filsafat pancasila. Anda dipersilahkan untuk membaca jika membutuhkannya. Tentu saja usai membaca artikel ini terlebih dahulu.  

Ulasan Terkait dengan pengertian Filsafat Pendidikan
FIlsafat Pendidikan via panturanews

Baiklah, berikut ini informasi tentang pendapat ahli terkait dengan filsafat pendidikan. Selamat membaca.

1. Al-Syaibany

Menurut ahli pendidikan muslim ini, filsafat pendidikan adalah aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat menjadi sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan. Artinya Filsafat pendidikan dapat menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya.

2. Prof. Dr. Hasan Langgulung

Prof dalam negeri ini menyatakan bahwa, filsafat pendidikan adalah teori atau ideologi pendidikan yang muncul dari sifat filsafat seorang pendidik, dari pengalaman-pengalamnnya dalam pendidikan dan kehidupan dari kajiannya tentang berbagai ilmu yang berhubungan dengan pendidikan, dan berdasar itu pendidik dapat mengetahui sekolah berkembang.

3. John Dewey

Ahli pendidikan luar negeri ini menyatakan bahwa filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yang fundamental baik yang menyangkut daya pikir intelektual maupun daya perasaan emosional menuju tabiat manusia.

4. Zanti Arbi

Zanti berpendapat bahwa filsafat pendidikan juga bisa diartikan sebagai kaidah filosofis dalam bidang pendidikan yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis.

5. Imam Barnabid

Imam menyatakan bahwa filsafat pendidikan merupakan ilmu yang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Baginnya filsafat pendidikan merupakan aplikasi suatu analisis filosofis terhadap bidang pendidikan.

6. Anas Salahudin

Anas Salahudin di dalam bukunya Filsafat Pendidikan yang dikutip oleh blog dosenmuslim.com menyatakan beberapa hal mengenai apa maksud dari pengertian fisalfat pendidikan.

  • Filsafat pendidikan adalah pengetahuan yang memikirkan hakikat pendidikan secara komprehensif dan kontemplatif tentang sumber, seluk beluk pendidikan, fungsi, dan tujuan pendidikan.
  • Filsafat pendidikan adalah pengetahuan yang mengkaji proses pendidikan dan teori-teori pendidikan.
  • Filsafat pendidikan mengkaji hakikat guru dan anak didik dalam proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas.
  • Filsafat pendidikan mengkaji berbagai teori kependidikan, metode, dan pendekatan daam pendidikan.
  • Filsafat pendidikan mengkaji strategi pembelajaran alternatif.
  • Filsafat pendidikan mengkaji hakikat tentang kurikulum pendidikan.
  • Filsafat pendidikan mengkaji hakikat evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran.
  • Filsafat pendidikan mengkaji hakikat alat-alat dan media pembelajaran

Kesimpulan

Dapat disimpulkan secara sederhana bahwa dari pengertian filsafat menurut para ahli tersebut menyatakan bahwa arti dari filsafat pendidikan adalah sebuah cara untuk berpikir tentang pendidikan secara mendalam demi tercapai yang namannya kebijaksaan dari pendidikan itu sendiri. Kebijaksanaan dalam dunia pendidikan akan bisa tercapai dengan dipadukan antara pendidikan dengan filsafat.

Pengertian ini merupakan ilmu dasar untuk modal belajar ilmu pengetahuan ketahap selanjutnya. Dengan modal dasar ini, mereka akan mudah memahaminya teori pada lanjutannya. Bisa dibilang, mereka yang ingin mengetahui lebih jauh lagi dari apa itu pendidikan, maka sangat dianjurkan untuk serius dalam mempelajari pengertian filsafat pendidikan.

Seorang pendidik, seperti guru disekolah dan dosen diuniversitas dituntut untuk memahami hal ini dengan baik. Jangan sampai mereka tidak memahami filsafat pendidikan dengan benar. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan proses belajar – mengajar yang lebih bermakna dan lebih dijiwai.

Oh iya, pembaca yang budiman juga bisa memberikan benang merah dari kumpulan pengertian diatas dan bisa disampaikan kepada kami untuk dibaca oleh pengguna internet. Salah satu media yang bisa Anda gunakan adalah dengan menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah. 

Lihat: Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Demikian ulasan tentang pengertian filsafat pendidikan menurut parah ahli kami sampaikan di kesempatan yang baik ini. Semoga memberikan banyak manfaat kepada para pembaca. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman – teman Anda yang terkoneksi dengan jaringan komunikasi daring atau media sosial.