Pengertian dan 2 Fungsi Alat Musik Harmonis serta Penjelasannya

Posted on

Pengertian dan fungsi tentang alat musik harmonis akan diuraiakan dikesempatan baik ini. Anda beruntung datang ke laman ini karena akan mengetahui informasi yang berkaitan dengan arti atau definisi alat musik harmonis yang kami kemas dengan tulisan yang sangat mudah di pahami oleh siapa saja, baik siswa atau mahasiswa.

Biasanya mereka yang membutuhkan ulasan mengenai arti dari alat musik harmonis adalah orang yang berprofesi sebagai guru, murid atau bisa juga musisi yang sedang belajar dunia permusikan, baik musik tradisional maupun musik modern. Nah, alat musik harmonis sendiri terbagi 2, yaitu:

1. Alat Musik Harmonis Tradisional

Merupakan alat musik bersifat harmonis yang diproduksi dengan sekedarnya tanpa ada bantuan dari teknologi.

2. Alat Musik Harmonis Modern

Merupakan alat musik bersifat harmonis yang diproduksi pada zaman modern oleh orang – orang yang sudah memiliki kemajuan berpikir dan disentuh dengan teknologi kekinian.

Keduanya akan kita bahas lebih detail dikesempatan lain ya. Makanya Anda harus selalu terhubung dengan blog ini.

Salah satu contoh alat musik harmonis (guratgarut)

Pengertian

Sekarang kita bahas dulu mengenai apa yang dimaksud dengan alat musik harmonis untuk sama – sama kita ketahui.

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dipakai untuk memainkan harmoni pada suatu lagu yang memiliki ciri – ciri yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Ada pun susunan-susunan nada yang dimainkan secara bersama – sama tersebut umumnya dalam dunia pendidikan disebut chord (kunci).

Lebih jauh, chord memiliki type – type tersendiri sebagai ciri khasnya, antara lain: Chord-chord mayor, minor, diminished, augmented, suspended, dan lain – lain.

Karena sifatnya yang menghasilkan nada, dapat disimpulkan bahwa semua alat musik harmonis dikategorikan sebagai alat musik melodis karena fungsinya. Tetapi tidak demikian berlaku pada sebaliknya. Alat musik melodis tidak bisa diklaim sebagai alat musik harmonis.

Pada istilah yang lain terkait dengan pengertian dari alat musik harmonis yaitu dapat disebut sebagai alat musik bernada, namun tidak dapat dibentuk karena sifatnya yang abstrak.

Dan sesuai namanya, kehadirannya memang mengharmonisasikan alunan musik dan nada untuk disuguhkan kepada para pendengar.

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, maka ada banyak ditemukan arti dari alat musik harmonis. Dan ini menjadi khazanah atau wawasan bagi untuk mereka yang sedang belajar seni musik, baik belajar secara langsung di sekolah atau belakang menggunakan media komunikasi daring. Selain itu, Anda bisa berdiskusi kepada mereka yang dikenal sebagai guru seni musik di sekolah atau dosen di kampus Anda. Dengan melakukan hal ini, maka literasi Anda dalam belajar akan semakin baik prosesnya.

Ilmu pengetahuan alat musik harmonis dari internet bisa saja Anda jadikan referensi dan ini sudah umum dilakukan oleh banyak orang dalam menyelesaikan tugas sekolah. Namun Anda juga harus merujuk pada literatur cetak yang bisa di temukan di toko buku atau perpustakaan sekolah, kampus dan daerah. Karena informasi digital selalu berawal dari buku edisi cetak yang dijadikan referensi.

2 Fungsi Alat Musik Harmonis

Dari analisa sederhana yang kami lakukan bersumber pada beberapa referensi, terdapat 2 (dua) kegunaan dari alat musik harmonis sebagai kesimpulan. Keduanya ini penting untuk Anda catat dan ingat. Mana tahu suatu saat menjadi bahan ujian disekolah atau ada orang iseng bertanya. Jika Anda sudah ingat, maka dengan mudah Anda akan menjawabnya.

Apa saja fungsi dari alat musik harmonis? 

Simak informasinya berikut ini.

1. Fungsi Memperindah Lagu

Kita sering menemukan lagu yang tidak bisa dilihat namun terasa begitu indah didengar oleh telinga manusia, apakah itu lagu yang bergenre religi, jazz, pop, klasik dan lagu daerah Jawa Barat serta lagu daerah Sumatera Barat. Keindahan pada lagu – lagu tersebut karena adanya kontribusi dari alat musik harmonis sebagai bagian dari komposisi musik.

Tentunya lagu yang dianyanyikan oleh vokalis akan terasa kurang indah didengar jika mengabaikan fungsi alat musik harmonis yang begitu penting.

2. Pengiring Melodi dan Musik

Fungsi yang kedua yaitu kegunaanya sebagai pengiring melodi yang dikeluarkan pada alunan musik yang sedang dimainkan. Musik adalah hasil dari perpaduan alat musik yang dimainkan oleh masing – masing pemainnya. Dan alat musik harmonis juga berguna mengiringi dari musik – musik yang ada.

Sekali lagi, tanpa ada iringan dari alat musik harmonis, maka yang namanya melodi dan musik tidak akan sempurna diperdengarkan oleh manusia, baik melalui berbagai acara pertunjukan atau mendegar melalui media kaset atau CD.

Sekarang, alat komunikasi modern sudah bisa juga difungsikan untuk mendengarkan musik selain berfungsi sebagai alat rekam gambar dan video untuk di posting di marketplace jika ingin dijual secara online. Tidak sedikit video yang juga diiringi dengan musik, baik musik bersama lagu dan musik instrumen.

Lihat: Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya

Tema lain yang masih berhubungan dengan alat musik harmonis adalah alat musik ritmis dan alat musik melodis. Alat – alat musik tersebut menjadi sub musik yang selalu melengkapi satu dengan yang lain.

Oh iya, kami tidak melampirkan contoh alat musik harmonis di artikel ini. Anda bisa membacanya di halaman lain jika ingin mengetahui apa – apa saja alat musik yang digolongkan sebagai alat musik harmonis. Kan tidak lucu jika Anda tahu durian tapi tidak tahu bagaimana bentuknya. Begitu pula dengan tema yang kami sampaikan. Kami berharap para pembaca busa mengetahui informasi secara sempurna, dari A sampai Z terkait dengan alat musik harmonis ini.

Demikian informasi mengenai pengertian alat musik harmonis dan fungsinya. Semoga bermanfaat kepada para pembaca yang membutuhkannya. Sampaikan saran dan komentar Anda pada kami melalui guna kemajuan dan perkembangan blog ini. Sampai jumpa!

Silahkan berkomentar