18 Pengertian Hukum Dagang Menurut Para Ahli, Beserta Sumbernya

Posted on

Pengertian hukum dagang menurut para ahli dan beserta sumbernya menjadi acuan dalam belajar ilmu hukum, baik di perguruan tinggi negeri atau swasta. Memahaminya dengan benar adalah modal ilmu pengetahuan pada tingkat selanjutnya. Dapat dibilang mengetahuinya merupakan ilmu dasar sebagai basic knowlege.

Bicara hukum dagang, maka tidak bisa dipisahkan dari Kitab Undang – Undang Hukum Dagang (KUHD). Dan definisi hukum dagang dapat juga dijumpai pada kitab yang merupakan warisan Belanda itu. Tentu ada aturan yang tidak lagi relevan dengan kondisi perdagangan di Indonesia saat ini dan perlu dilakukan amandemen.

Dalam praktiknya, ada perdagangan yang dilakukan tanpa adanya syarat tertulis, modal kepercayaan saja. Hal ini sepertinya sudah menjadi hukum adat di Indonesia. Malahan ada perdagangan yang memakai perjanjian tertulis berakhir dengan wan prestasi.

Tentang Pengertian Hukum dagang
via WordPress

Tips Menemukan Arti Hukum Dagang

Untuk menemukan infromasi lengkap tentang arti hukum dagang berdasarkan pendapat ahli, ada beberapa cara yang bisa di tempuh. Pertama adalah browsing di laman internet dengan sekali sentuh atau klik saja melalui alat komunikasi modern seperti gadget dan laptop.

Kemudian yang kedua Anda juga bisa mendapatkannya dengan membaca beberapa buku yang menjadi referensi. Biasanya, ada buku yang isinya adalah kumpulan tentang pengertian hukum dagang. Untuk mendapatkan buku, Anda bisa beli di toko buku atau pinjam di perpustakaan kampus atau daerah.

Yang ketiga adalah melakukan diskusi dengan guru atau dosen, baik dalam kelas kuliah atau pada suasana yang sifatnya non formal. Sebagai orang pengajar, sudah barang tentu banyak mengetahui teori tentang apa yang dimaksudkan dengan hukum dagang.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi secara utuh dan memiliki argumentasi yang kuat, ada baiknya Anda melakukan ketiganya.

Lihat: Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

Oke, berikut kita akan sampaikan deskripsi tentang pengertian hukum dagang menurut ahli. Ada yang berbahasa Indonesia dan ada yang berbasa Inggris. Anda bisa mentranslete nya jiak tidak tahu maksudnya. Selamat membaca.  

1. CST. Kansil

Hukum perusahaan merupakan seperangkat aturan yang mengatur tingkah laku manusia yang ikut andil dalam melakukan perdagangan dalam usaha pencapaian laba.

2. Sri Redjeki Hartono

Ahli hukum dalam negeri ini menyampaikan bahwa hukum dagang dalam pemahaman konvensional merupakan bagian dari bidang hukum perdata atau dengan perikatan lain selain disebut bahwa hukum perdata dalam pengertian luas, termaksud hukum dagang merupakan bagian-bagian asas-asas hukum perdata pada umumnya.

3. Wikipedia

Laman Wikipedia menyebutkan bahwa Hukum dagang adalah ilmu yang mengatur hubungan antara suatu pihak dengan pihak lain yang berkaitan dengan urusan-urusan dagang. Definisi lain menyatakan bahwa hukum dagang merupakan serangkaian norma yang timbul khusus dalam dunia usaha atau kegiatan perusahaan.

4. Munir Fuadi

Munir berpedapat hukum dagang merupakan segala perangkat aturan tata cara pelaksanaan kegiatan perdagangan, industri, atau kuangan yang dihubugkan dngan produksi atau kegiatan tukar menukar barang.

5. Clayton P. Gillette dan Steven D. Walt

Ahli hukum luar negeri ini menyampaikan sebagai berikut:

“Sales law involves legal doctrines that regulate the relationship between the paties involved in an exchange of goods for a price. As a general matter, sales law only addresses transfer of tangible personal property, not real estate or intangibles such as intellectual property rights, Sales law, is an subset of contract law.

Lihat: Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Para Ahli

6. M. N. Tirtaamidjaja

Tirtaamidjaja menyatakan bahwa Hukum perniagaan adalah hukum yang mengatur tingkah laku orang-orang yang turut melkukan perniagaan. Sedangkan perniagaan adalahpemberian perantaraan antara produsen dan konsumen; membeli dan menjual dan membuat perjanjian yang memudahkan dan memajukan pembelian dan penjulan itu. Sekalipun sumber utama hukum perniagaan adalah KUHD akan tetapi tidak bisa dilepaskan dari KUHPdt.

7. Ridwan Khairandy (dkk)

Hukum dagang merupakan hukum perdata khusus. Dalam kepustakaan hukum anglo saxon atau common law khususnya anglo american, hukum bisnis bukan merupakan cabang atau bagian tunggal hukum tertentu.

8. Ahmad Ihsan

Hukum dagang merupakan pengaturan masalah perdagangan yang timbul diakibatkan tingkah laku manusia dalam perdagang.

9. John E. Murray Jr. dan Harry M. Flechther

“Traditionally called the law of ‘sales’, for much of the last century the focus was on sale of tangible, moveable (goods) as governed by article 2 of the Unifrom Commercial Code (UCC).

10. Sunaryati Hartono

Hukum dagang merupakan Hukum ekonomi keseluruhan keputusan yang mengatur kegiatan perekonomian.

11. J. van Kan dan J. H. Beekhuis

Ahli hukum ini berpendapat bahwa Hukum perniagaan adalah hukum mengenai perniagaan adalah rumpunan kaidahyang mengatur secara memaksa perbuatan-perbuatan orang dalam perniagaan. Perniagaan secara yuridis berarti, membeli dan menjual dan mengadakan berbagai perjanjian, yang mempermudah dan memperkembangkan jual beli. Dengan demikian, hukum perniagaan adalah tidak lain dari sebagian dari hukum perikatan dan bahkan untuk sebagian besar hukum perjanjian.

Lihat juga: Pengertian Inflasi Menurut Para Ahli

12. Iwan R. Davies

“The concern of commercial law should focus upon the commercial sense of the transaction and the parties them selves. In this regart, it is important to refer to the principles of commercial law which are essentially tools in serving the needs of the bussiness community”

13. R. Soekardono

Soekardono berpendapat bahwa Hukum dagang adalah bagian dari hukum perdata pada umumnya, yakni yang mengatur masalah perjanjian dan perikatan yang diatur dalam buku III Burgerlijke Wetboek (BW) dengan kata lain, hum dagang adalah himpunan peraturan peraturan yang mengatur seseorang dengan orang lain dalam kegiatan perusahaan yang terutama terdapat dalam kodifikasi KUHD dan KUHPdt. Hukum dagang dapat pula dirumuskan adalah serangkaian kaidah yang mengatur tentang dunia usaha atau bisnis dan dalam lalu lintas perdagangan.

14. Anonim

Hukum dagang ialah aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dengan yang lainnya, khusunya dalam perniagaan.

15. Purwo Sucipto

Hukum perikatan yang timbul dalam lapangan perusahaan.

16. Fockema Andreae      

Ahli hukum ini menyatakan bahwa Hukum dagang (Handelsrecht) adalah keseluruhan dari atuaran hukum mengenai perusahaan dalam lalu lintas perdagangan, sejauh mana diatur dalam KUHD dan beberapa undang-undang tambahan. Di Belanda hukum dagang dan hukum perdata dijadikan satu buku, yaitu Buku II dalam BW baru Belanda.

17. KRMT. Titodiningrat

Hukum dagang merupakan bagian dari hukum perdata yang mempunyai atuaran-aturan mengenai    hubungan berdasarkan ats perusahaan. Peraturan-peraturan mengenai perusahaan tidak hanya dijumpai dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) melainkan juga berupa Undang-Undang di luarnya. KUHD dapat disebut sebagai perluasan KUHPdt.

Baca: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

18. H.M.N. Purwosutjipto

Hukum dagang adalah hukum perikatan yang timbul khusus dari lapangan perusahaan.

Perbedaan Hukum Dagang, Hukum Bisnis dan Hukum Ekonomi

Dalam kesempatan ini, kami ingin menambahkan tentang perbedaan dari jenis hukum yang kelihatannya hampir sama, yaitu hukum dagang, hukum bisnis dan hukum ekonomi. Ternyata, setelah dianalisa, terdapat perbedaan yang mendasar dari ketiga hukum tersebut.

Secara garis besar berikut perbedaannya yang dikutip dari laman brainly:

  • Hukum dagang adalah hukum yang mempelajari segala bentuk badan usaha yang berbadan hukum maupun yang yang bukan badan hukum
  • Hukum bisnis adalah seperangkat peraturan yg mengatur hubungan usaha antar individu, individu dgn kelompok, maupun antar kelompok.
  • Hukum ekonomi mengatur seluruh aspek ekonomi baik makro maupun mikro.

Selian itu, hukum bisnis dan hukum ekonomi peraturannya lahir pasca Indonesia merdeka. Sedangkan hukum dagang merupakan perangkat hukum warisan dari Belanda yang sampai sekarang masih digunakan. Dunia jadi saksi atas hal tersebut.

Pada kesempatan lain, kita akan lebih dalam lagi membahas mengenai perbedaannya.

Lihat: Pengertian Devaluasi dan Contohnya

Demikian ulasan mengenai pengertian hukum dagang menurut para ahli dan semoga saja memberikan banyak manfaat kepada pengguna internet yang membutuhkannya. Jangan lupa sampaikan komentar Anda melalui laman kolom yang ada di bawah. Kemudian, bantu kami dengan membagikan artikel ini kepada teman – teman Anda yang ada dijaringan Komunikasi Daring atau media sosial yang sekarang ini sudah menjadi tren.