Pengertian tentang Komunikasi Daring Adalah

Posted on

Pengertian tentang Komunikasi Daring adalah sebuah informasi yang penting untuk disampaikan dan kemudian untuk dipelajari. Kata lain dari Daring adalah singkat dari kalimat Dalam Jaringan. Jika digabungkan dari Komunikasi dan Daring menjadi Komunikasi Dalam Jaringan. Untuk lebih memudahkannya, disingkatlah dengan nama yang populer saat ini yaitu Daring.

Sebelum hadir istilah Komunukasi Daring, publik hanya mengenal dua istilah, yaitu komunikasi tradisional dan komunikasi modern saja. Ternyata, seiring berkembangnya teknologi komunikasi, banyak istilah – istilah baru yang bermunculan ke publik. Banyak orang yang terkejut ketika mengetahuinya. Karena ada sebagian orang tahu benda tapi tidak tahu namanya.

Secara sederhana, Komunikasi Daring bisa digolongkan sebagai media komunikasi modern yang berkembang pada zaman sekarang dengan berbagai macam variannya.

Merujuk pada pengertian secara lengkap menyatakan bahwa Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui atau memakai sarana alat komunikasi modern yaitu jaringan komputer.

Pada pengertian lain, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan komunikasi yang sudah terhubung atau terkoneksi dengan internet.

Ada juga yang mengistilahkan Komunikasi Daring dengan komunikasi dunia maya atau cyberspace. Setiap negara pasti punya istilah – istilah tersendiri.

Daring from law.com

Jika zaman dahulu berkomunikasi hanya dengan suara saja serta alat komunikasi tradisional, sekarang dengan teknologi komunikasi Daring, orang dapat berkomunikasi dengan bertatap muka. Tidak Cuma itu, bisa dilakukan dengan oleh orang banyak. Biasanya mereka menamakan sebagai meeting secara online.

Sejarah

Dengan mengetahui arti sejarah dengan benar mengenai komunukasi Daring, maka akan sangat membantu pembaca mendapatkan informasi yang lengkap.

Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) awalnya dimulai pada tahun 1960, berlokasi di sebuah Universitas of Hawai yang mempunyai daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Lalu, kampus tersebut mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama “ALOHA”. Lalu di dalam Ethernet ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang bernama ARPANET dan diluncurkan tepat pada tahun 1969. ARPANET sendiri sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network pada saat ini.

Dunia pendidikan menggunakannya komunikasi dalam jaringan ini mulai tahun tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web (www).

Selain dunia pendidikan, lembaga yang sering dan selalu butuh dengan manfaat komunikasi Daring adalah lembaga pemerintahan dan perusahaan, baik perusahaan negara maupun swasta.

Kini, perkembangan komunikasi Daring begitu cepat. Tidak lagi media komputer yang dipakai sebagai sarananya. Namun busa terjadi berbagai inovasi sampai dengan media smartphone. Beberapa smartphone sudah bisa berkinerja hampir sama dengan komputer meski berbeda sistem operasi.

Jaringan komunikasi pun sudah terdiri dari berbagai tipe, mulai dari kabel, sinyal dan frekuensi. Ketiganya saat ini tetap digunakan dan masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jaringan komunikasi yang memakai kabel akan terganggu jika kabel yang dipakai terputus. Sedangkan yang memakai sinyal atau frekuensi, akan rentan terganggu jika terjadi petir.

2 Jenis Komunikasi Daring

Pada kesempatan ini, kami sampaikan mengenai jenis dari komunikasi dalam jaringan sebagai pelengkap informasi. Berdasrkan jenisnya, maka komunikasi Daring terbagi dua, yaitu:

2.1. Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi dalam jaringan secara real time memakai komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).

Beberapa aplikasi chat diatas ada yang tidak lagi populer, seperti yahoo messenger dan MIRc. Pengguna internet sekarang lebih senang memakai WhatsApp dan beberapa aplikasi baru lainnya.

2.2. Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi dalam jaringan secara tunda memakai komputer sebagai media, dikenal dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).

Perusahaan Google dan Facebook sekarang sudah menghadirkan fitur live streaming untuk video yang ingin disiarkan secara langsung. Tidak mau ketinggalan, Twitter pun juga sudah tersedia fitur Live.

4 Tujuan Komunikasi Daring

Sebenarnya, ada banyak tujuan dari hadirnya Komunikasi Daring. Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya sampaikan empat saja. Berikut informasinya:

4.1. Pengiriman data yang kapasitasnya besar bisa dilakukan secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan yang akan memperlambat sampainya informasi.

4.2. Cukup dilakukan dengan jarak jauh saja. Artinya tidak perlu jumpa secara fisik. Namun, dalam kondisi yang tidak saling bersama, tetap bisa mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.

4.3. Sistem penggunaan komputer dilakukan secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi

4.4. Menjadikan mudah teknis pengelolaan, pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.

3 Komponen Komunikasi Daring

Untuk lancarnya proses komunikasi dalam jaringan, maka sangat diperlukan yang namanya beberapa komponen. Paling tidak, ada tiga komponen yang harus tersedia. Berikut informasinya.

3.1. Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat dalam bentuk fisik yang dapat dilihat atau diraba oleh maunusia. Hal ini bisa kita ambil contoh: komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet

3.2. Software (Perangkat Lunak)

Program komputer yang bersifat digital dan berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software dipakai sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).

3.3. Brainware

Kehadiran Brainware sebagai media untuk menjalankan software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.

Komunikasi Daring Dan Manfaatnya

Manfaat yang diaraskan oleh umat manusia dengan adanya komunikasi dalam jaringan ini begitu banyak. Bagi ibu rumah tangga bisa sambil memasak sekaligus berkomunikasi dengan temannya yang berada di beda negara. Atau bisa tetap bertatap muka dengan suaminya yang berada di kantor.

Seorang siswa yang ingin belajar bisa dengan siapa saja secara online. Juga mendukung kinerja bisnis. Banyak orang yang tidak perlu membuka toko secara fisik karena bisa dilakukan dengan cara online dengan membuat akun Instagram dan Facebook. Fakta yang terjadi malah mengejutkan, banyak perusahaan yang tutup akibat kalah bersaing dengan para pebisnis online.

Karena begitu banyaknya manfaat, maka wajar jika banyak manusia yang begitu tergantung dengan komunikasi dalam jaringan. Sampai – sampai waktu yang mereka gunakan untuk berkomunikasi secara online begitu dahsyat. Komunikasi Daring melahirkan gaya hidup (life style) baru bagi manusia.

Tapi perlu diingat, jangan sampai kehadiran komunikasi Daring malah menjadi musibah bagi umat manusia. Sebaiknya digunakan sesuai dengan fungsinya saja, jangan sampai melewati batas.  

Lihat: Perkembangan Alat Komunikasi

Demikianlah informasi mengenai pengertian komunikasi dalam jaringan atau Komunikasi Daring yang dilengkapi dengan informasi terkait lainnya. Semoga memberikan manfaat bagi yang membaca dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman – teman Anda yang berada di jaringan sosial media. Komentar, saran dan krritik dari Anda juga sangat kami harapkan. Anda bisa sampaikan melalui kolom yang ada di bawah. Terima kasih sudah mampir.

Silahkan berkomentar