26 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Indonesia dan Luar Negeri

Posted on

Pengertian manajemen menurut para ahli, baik dari Indonesia dan luar negeri yang mereka sebutkan dalam bukunya sangat penting diketahui oleh mereka yang sedang belajar ilmu manajemen. Biasanya, mereka adalah para mahasiswa strata satu dan pasca sarjana yang kuliah di universitas negeri dan swasta. Sedangkan para siswa SMA sederajat belum belajar tentang manajemen. Kalau pun dipelajari belum begitu mendalam, masih sebatas dasarnya. 

Arti manajemen menurut para ahli adalah sumber referensi untuk membuat tulisan, baik tulisan dalam bentuk makalah, skripsi dan tesis. Mengetahui dan memahami definisi manajemen sudah tentu sebuah keharusan untuk memudahkan belajar kepada selanjutnya.

Guna memahami arti dari manajemen menurut ahli dan bukunya, Anda harus datang ke perpusatakaan jika tidak mau datang ke toko buku yang ada di kota Anda. Jangan sampai kita hanya tahu teori saja tapi tidak tahu karya buku yang dibuat oleh para ahli. Ini sangat lucu.

Kapan ahli manajemen menyampaikan teorinya biasa identik dengan tahun. Ada ahli yang menyatakan pada tahun 2010, tahun 2015 dan tahun 2017. Semakin tinggi tahunya, maka biasanya buku yang dikeluarkan oleh para ahli manajemen adalah buku terbaru. Setiap ada pendapat baru dari ahli manajemen, maka akan menjadi informasi yang dicari oleh mereka yang sedang belajar manajemen.

Info terkait arti Manajemen
Management via Google Image

Mencari Pengertian Manajemen Dari Internet

Tidak salah jika internet alias Komunikasi Daring dijadikan sebagai tempat mencari informasi terkait dengan pengertian manajemen menurut Ahli. Dan sangat banyak era sekarang ini, manusia mencari informasi dengan menggunakan internet yang semakin murah dan hampir terjangkau oleh semua kalangan. Sekali lagi, ini tidak salah. Hanya saja, sebagai pembelajar sejati, Anda perlu melakukan klarifikasi kepada sumber aslinya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kebenaran. Pasalnya di internet ada banyak bertebaran informasi terkait ilmu pengetahuan yang tidak akurat.

Kami tidak menyatakan bahwa informasi tentang arti manajenem ini sebagai yang paling benar. Maka dari itu kami sarankan kepada Anda untuk mengkritisinya jika menemukan ada kesalahan dalam setiap penulisa. Dengan senang hati kamu akan menerimannya.

Lihat: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Baiklah, langsung saja kita bahas pendapat para ahli terkait pengertian manajemen. Selamat membaca.

1. Marry Parker Follet

Marry Parker F menyebutkan bahwa pengertian manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

2. George R. Terry

Menurut ahli luar negeri ini, pengertian manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.

3. John D Millet

Merujuk kepada bukunya berjudul Managemen in the Public Service, John D Millet menyampaikan bahwa definisi manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organiasasi guna mencapai tujuan.

4. Manullang

Definisi manajemen berdasarkan pendapat Manullang merupakan seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. James A.F Stoner

James A.F Stoner menyatkan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Lihat: Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

6. Wilson Bangun

Menurut Wilson manajemen ialah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh tiap-tiap anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.

7. Lawrence A. Appley

Secara singkat Lawerence mengutarakan arti manajemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

8. Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

Menurut buku karya Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel yang berjudul The Principles of Management, mereka mengemukakan mengenai pengertian manajemen.

Manajemen didefinisikan sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

9. Henry Fayol

Henrty Fayol menulis buku mengenai manajemen berjudul General Industrial Management. Karyanya tersebut membahas mengenai manajemen di bidang industri.

Ahli manajemen luar negeri ini berpendapat bahwa manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan menggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

10. Oey Liang Lee

Oey Liang Lee menyampaikan bahwa arti manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan.”

11. Hilman

Menurut Hilman, manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

12. Ricky W. Griffin

Pendapat Ricky, manajemen merupakan proses perencanaan/planning, pengorganisasian, pengkoordinasisasian, serta pengontrolan setiap sumber daya yang ada guna mencapai tujuan yang ditentukan secara efektif dan efisien.

Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan rencana yang ada, dan efisien berarti dilaksanakan dengan benar dan terorganisis yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Lihat: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

13. Federick Winslow Taylor

Federick menyebut bahwa manajemen adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasi lain/ setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.

14. Encylopedia of the Social Science

Ensyclopedia of social science menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

15. Koontz dan Cyril O’Donnel

Manajemen adalah usaha untuk mencapai/menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.

16. R.Terry

Manajemen adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.

17. Lawrence A.Appley

Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain.

18. Drs Oey Liang Lee

Manajemen adalah ilmu dan seni perencaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap SDM guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.

19. James A.F.Stoner

Manajemen adalah suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

20. Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni, karena untuk melakukan/menyelesaikan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain membutuhkan keterampilan tertentu.

Lihat: Pengertian Inflasi Menurut Para Ahli

21. Prof. Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencaan, pengimplementasian serta pengendalian dari setiap kegiatan termasuk didalamnya pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha dengan sebelumnya sudah menetapkan setiap sasaran/tujuan untuk kerja yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

22. Dr. Ahuja

Manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

23. Chaster I Bernard

Manajemen adalah seni dan ilmu.

24. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen adalah ilmu perilaku yang teridiri dari aspek sosial eksak bukan dai tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencaannya.

25. William H.Newman

Manajemen adalah fungsi yang saling berhubungan untuk mencapai hasil tertentu melalui orang lain.

26. Renville Siagian

Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Lihat: Pengertian Devaluasi dan Contohnya

Indikasi Kebenaran Tentang Arti Manajemen

Paling tidak ada beberapa cara yang dapat Anda pakai untuk menguji apakah informasi dari alat komunikasi modern ini benar. Pertama, Anda bisa cari beberapa rujukan di internet, jika hampir semua sama, maka bisa jadi ilmu pengetahuan yang ada benar adanya.

Atau yang kedua, Anda bisa langsung diskusikan dengan dosen di kampus. Jika respon dari dosen menyatakan benar, maka Anda bisa menjadikannya sebagai referensi.

Kemudian, bisa juga langsung Anda cocokkan dengan buku versi cetak yang bisa di cari diperpustakaan. Jika sama antara informasi yang ada di buku dengan yang ada di internet, maka Anda bisa merujuknya.

Lihat: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Demikian artikel mengenai pengertian manajemen menurut para ahli kami uraikan dan semoga menghadirkan manfaat bagi para pembaca. Saran, kritik dan komentar silahkan sampaikan dikolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih sudah mampir disini.