21 Pengertian Seni Musik Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeri

Posted on

Pengertian seni musik menurut para ahli baik dalam negeri maupun luar negeri merupakan sumber ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari oleh mereka yang sedang belajar ilmu ini. Perpaduan dua kata antara Seni dan Musik merupakan gabungan yang memberikan makna tersendiri. Karena itu pula para ahli harus menyampaikan teori terkait dengan seni musik.

Untuk mengetahui arti dari seni musik zaman sekarang ini Anda tidak perlu lagi membuang – buang banyak waktu dan pikiran. Dibantu dengan sarana alat komunikasi modern yang dikenal dengan nama internet, dalam waktu yang cepat Anda akan temukan defisni tentang seni musik.

Banyak orang yang berbagi ilmu pengetahuan melalui Komunikasi Daring, baik dari kalangan akademisi, pengamat, politisi bahkan sampai mahasiswa itu sendiri. Mereka membuat seperti blog, website atau domain sebagai sarana untuk berbagi. Hanya saja, sebagai pembelajar sejati, Ada baiknya Anda melakukan cek dan ricek kembali dari apa yang mereka sampaikan. Kita tahu saat ini ada banyak informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya.

Manfaat Tahu Arti Seni Musik

Paling tidak ada 2 (dua) manfaat yang langsung Anda rasakan saat meluangkan waktu belajar untuk mengetahui tentang apa arti seni musik.

1. Memahami Luasnya Ilmu

Ilmu sangat luas sekali. Butuh banyak waktu untuk mempelajarinya. Sedang waktu yang tersedia tidaklah cukup untuk menggapainya. Untuk menjelaskan maksud seni musik saja, banyak pendapat ahli berbeda dalam menyampaikan teorinya. Apalagi pada disiplin ilmu yang lain.

2. Belajar Pondasi Ilmu

Sadar atau tidak, Anda sekarang belajar tentang dasar – dasar ilmu dari seni musik yang dimulai dari memahami pengertiannya terlebih dahulu. Aktifitas ini bersifat fundamental karena akan menjadi modal untuk belajar pada tingkat yang selanjutnya.

Lihat: Pengertian Sejarah Menurut Ahli

Semua tahu, termasuk juga Anda, bahwa ada banyak manfaat dari mengetahui arti seni tari. Makanya, dalam pelajaran semester awal perkuliahan, para mahasiswa akan belajar tentang hal ini. Dua manfaat yang kami sampaikan diatas, rasanya sudah mewakili semuanya. Jika Anda hendak menambahkan, silahkan tulis pada kolom komentar yang ada di bawah.

Seni Musik via quipper

Berikut ini akan kita sampai poin demi poin tentang pengertian seni musik menurut para ahli. Selamat membaca.

1. Banoe (2003 : 288)

Ilmuwan ini menyatakan bahwa musik berasal dari nama Dewa Muse (nama diantara dewa dalam mitologi Yunani Kuno). Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan.

Kemudian, Banoe berpendapat bahwa pengertian seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat diapahami oleh manusia.

2. Dello Joio

Musisik Amerika ini menyatakan bahwa mengenal musik bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

3. David Ewen

Seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

4. Sunarto

Menurut Sunarto, seni musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

5. David Ewen

David Ewen menyatakan bahwa seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

6. Lexicographer

Arti musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

7. Jamalus (1988 : 1)

Seni musik adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

8. Aristoteles

Seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.

9. Shcopenhauer

Filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa, pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

10. Soeharto

Musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

11. Suhastjarja

Seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi-bunyi lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, serta memiliki suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.

12. Irwan Edman

Seni musik ialah suatu seni urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi. Musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

13. Sylado (1893 : 12)

Seni musik ialah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

14. Rina

Seni musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan dengan menggunakan suara atau bunyi-bunyian.

15. Ade Prianto Nugroho

Seni musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

16. Reed dan Sidnell

Seni musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

17. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Musik ialah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

18. Adjie Esa Poetra

Musik yaitu kesenian yang bersumber dari bunyi. Terdapat empat unsur dalam musik yakni dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).

19. Anonim

Seni musik adalah pengelompokkan musik ke arah klasik dan sejenisnya yang dinilai tingkat nilai sejarahnya selain dari nilai seni itu sendiri.

20. Umum

Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya

21. Penjelasan Tentang Seni Musik

Poin ini dismapaikan untuk menambahkan saja. Bisa dibaca atau dilewatkan saja. Namun kami meyakini bahwa hal ini penting untuk Anda baca. Karena pembahasannya sangatlah penting guna menambah wawasan Anda.

Seni musik berasal dari dua kata yaitu “seni” dan “musik”. Seni memiliki arti yaitu: suatu hasil cipta, karsa maupun rasa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana. Dan musik merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani “mousikos”, melambangkan dewa keindahan yang menguasai bidang keilmuan dan seni.

Jadi, secara harfiah seni musik dapat kita artikan sebagai suatu karya sastra seniman yang diekspresikan sedemikian rupa baik memakai alat musik dan vokal suara. Namun, para ahli sastra memiliki gagasan tersendiri mengenai istilah seni musik yang meskipun pada umumnya memiliki makna yang serupa.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602), musik merupakan ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Lihat: Pengertian Seni Musik Menurut Ahli

Berdasarkan kumpulan pengertian seni musik diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian seni musik secara umum adalah ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah. Bagaimana? Apakah Anda sepakat? Ayo sampaikan komentar kamu pada kolom yang ada dibawah.