Inilah Pola Lantai Tari Merak dan Gambar Serta Penjelasannya

Posted on

Mengetahui tentang Pola lantai tari Merak sama dengan pentingnya dengan mengetahui kesenian tradisional yang ada di nusantara. Hal ini adalah bentuk keseriusan kita dalam mencintai seni tari yang diwariskan oleh para leluhur di zaman dahulu.

Banyak unsur tari yang perlu diketahui, mulai dari busana, warna, gerakan, sejarah sampai dengan pesan yang disampaikan saat tari tersebut dipentaskan. Ada tari yang menyampaikan pesan kedamaian, kemenangan dan suka cita karena panen yang berlimpah. Jadi, tidak cuma hanya sebatas hiburan rakyat semata saja.

Nah, bicara tentang pola lantai, maka kita akan bicara tentang sebuah panduan yang dilakukan oleh penari ketika sedang latihan dan tampil dipentas atau panggung. Kebergunaan pola lantai ini, membuat para penari tidak salah dalam melakukan gerakan tari dari awal sampai akhir. Selain itu, pola lantai jadi batas pembeda antara tari adat yang satu dengan yang lainnya. Sebut saja, pola lantai tari Merak tidak sama dengan pola lantai tari Jaipong.

Meski dibilang tari tradisional asal Jawa Barat, Tari Merak termasuk tarian yang sudah dikenal dalam kancah dunia internasional. Beberapa momen internasional yang pernah diikuti oleh tari Merak adalah expo di negara Amerika Serikat dan momentum pertama, yaitu tampil pada acara Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang berlokasi di daerah Bandung.

Tari Merak sudah menjadi icon di Jawa Barat dan tidak bisa diklaim leh negara lain. Selain itu, hal yang juga menarik adalah, kehadiran tari Merak ternyata memberikan inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, khususnys di daerah Bali. Tari Merak berhasil memberikan inspirasi bagi seniman Bali yang akhirnya membuat tarian Adat Bali hampir mirip dengan tari Merak.

Sekedar pemberitahuan, bahwa di blog ini sudah ada beberapa tarian daerah yang sudah kami tuliskan, mulai dari tarian daerah Sumatera Selatan, tarian daerah Maluku dan tarian daerah Jawa Timur sendiri. Semua bisa Anda baca setelah selesai memebaca artikel ini.

Fokus artikel pada kali ini adalah tentang pola lantai yang di pakai oleh tari Merak.

Penjelasan Pola Lantai Tari Merak dan Gambar

Apakah Anda sudah tahu dengan pola lantai tari Merak? Seperti diketahui, ada sekitar 5 jenis pola lantai yang berlaku pada tarian nusantara, ada pola lantai diagonal, zig zag, melengkung dan lain – lain. Termasuk jenis kemanakah tari Merak?

Berdasarkan informasi yang didapat, dapat disimpulkan pola lantai tari Merak ternyata tidak satu jenis, melainkan ada beberapa yang diterapkan, yaitu: Pola garis melengkung dan pola garis lurus.

Maksud dari pada pola garis melengkung yaitu membentuk lengkungan ular dan membentuk bidang lingkaran serta membentuk barisan angka delapan, atau spiral.

Dan pada pola garis lurus  yaitu segitiga, segi empat, zig-zag, huruf V, atau huruf V terbalik.

Dengan begitu, pola lantai tari Merak sangat berbeda dengan pola lantai dari tarian daerah lainnya. Jika ada kesamaan, tidaklah sampai 100 persen sama.

Pertunjukan Tari Merak via Wikipedia

Penutup

Persis dengan tarian daerah yang lain, tari Merak juga mempunyai pola lantai yang jumlahnya tidaklah sedikit. Dan ada beberapa pola lantai yang diterapkan pada tarian yang berasal dari propinsi Jawa Barat ini. Pada masing – masing pola lantai memiliki makna tersendiri dan akan kita bahas pada lain waktu.

Demikian ulasan tentang pola lantai tari Merak kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada para pembaca. Kami selalu tunggu saran dan komentar demi kemajuan dari blog ini kedepannya.