Proyek Jalan TOL yang Minta Dikebut oleh Pemerintah Jokowi Itu Kini Runtuh, 3 Orang Tertimbun

Posted on

Ambisi jalan TOL Presiden Jokowi memakan korban lagi. Kali ini terjadi di proyek jalan tol daerah Manado. Padahal sebelumnya, pemerintahan Jokowi meminta proyeknya dikebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memacu penyelesaian pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung (39 kilometer) di Provinsi Sulawesi Utara. Pembangunan jalan tol yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional ini, merupakan upaya pemerintah meningkatkan konektivitas agar terjadi pemerataan dan keadilan pembangunan.

“Sesuai rencana akan selesai tahun 2019, namun bila pembebasan lahan berjalan lancar, akan kita percepat. Proyek ini penting untuk mempercepat waktu tempuh Manado-Bitung, untuk itu saya minta semuanya kerja 3 shift per hari, 7 hari per minggu. Kontraktor juga harus menambah peralatan dan tenaga kerja dan mengoptimalkan pekerjaan pada lahan yang sudah bebas,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangannya, Rabu (20/9/2017).

Link: _https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3650615/pemerintah-jokowi-kebut-proyek-tol-manado-bitung-ini-penampakannya

Sekitar 7 bulan berlalu, proyek yang dikebut itu sekarang memakan korban.

Dilansir Kumparan, tiga orang pekerja proyek pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung di tertimbun reruntuhan material poryek. Kejadian terjadi di Desa Tumaluntung Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (17/4) pukul 14.30 WITA.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun resmi twitternya @Sutopo_PN.

“3 orang pekerja tertimbun runtuhnya proyek pembangunan jalan tol di Minahasa Utara, Sulawesi Utara,” kata Sutopo saat dikutip dari akun resmi twitternya.

Saat ini, korban masih dalam evakuasi. Menurut keterangannya, saat proyek pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung runtuh, ada 21 pekerja berada di lapangan, dan 19 di antaranya berhasil menyelamatkan diri.

“Evakuasi masih dilakukan. Saat runtuh 21 pekerja berada di lapangan. Sebanyak 19 pekerja berhasil menyelamatkan diri,” tutup Sutopo.
Dan berikut videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=LlJZ_P1Boxg

Dilaman media sosial, jadi perbicangan kalangan warganet.

“Proyek jalan tol menado yg runtuh ini, proyek jalan tol yg dikebut itu bukan pak @jokowi ?Cc @KemenPU,” kicau akun @ronavioleta.

“Dikebut malah ambuk dan makan korban. Ngga dikebut nanti malah jadi senjata makan tuan. Duh gimana dooong…. stress berat.
Begitulah nasibnya orang yang haus kekuasaan,” kicau akun @WarHeadXE.