8 Rumah Adat Daerah Kalimantan Tengah, Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Rumah adat yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah bisa Anda jumpai ulasannya pada artikel ini. Mulai dari nama, gambar, penjelasan atau keterangannya sampai sedikit arti sejarah serta nilai filosofinya. Semua terangkum mulai dari kata menjadi kalimat yang mudah dipahami.

Bicara tentang rumah adat Kalimantan Tengah, maka tidak bisa lepas dari bicara tentang hunian yang ada di Palangkaraya. Hal ini disebabkan Palangkaraya adalah ibu kota dari propinsi Kalimantan Tengah yang mempunyai banyak kebudayaan, mulai dari upacara, kesenian tari dan macam – macam lainnya.

Informasi tentang rumah atau tempat tinggal tradisional Kalimantan Tengah sebenarnya dapat Anda temukan nama – namanya dari berbagai media, bisa buku, diskusi dengan teman dan langsung datang ke museum Indonesia. Namun perkembangan teknologi informasi menyebabkan Anda memilih mencarinya melalui alat komunikasi modern yang bernama internet.

Dari gambar rumah khas Kalimantan Selatan yang akan kami sajikan nanti, Anda akan temukan ada gambar yang kurang bagus penampakannya. Ada pun sebabnya pada saat pengambilan gambar rumah ada tersebut, belum direnovasi. Atau bisa juga karena memang tiada perhatian untuk melestarikan rumah warisan leluhur dari berbagai pihak.

Wawasan Anda tentang rumah adat akan semakin menarik jika Anda melakukan studi perbandingan. Sebagai contoh, Anda tidak hanya membaca artikel ini, namun juga membaca artikel tentang rumah adat Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Timur. Kedua informasi tersebut sudah kami publikasikan beberapa waktu yang lalu.      

Oke, berikut adalah nama, gambar dan penjelasan rumah adat daerah Kalimantan Tengah. Selamat menyimak!

1. Rumah Adat Betang Tambaba

Rumah Adat Betang Tambaba via Republika

Rumah Betang Tambaba adalah rumah adat suku dayak yang ada di wilayah Barito Utara, Kalimantan Tengah. Rumah betang tambaba ini menjadi salah satu cagar budaya yang ada di Kalimantan Tengah. Rumah adat ini dibangun dengan material kayu ulin dengan struktur khas yang sesuai dengan kepercayaan suku Dayak.

2. Rumah Adat Betang Toyoi

Rumah Adat Betang Toyoi via Kompas

Sesuai dengan namanya Rumah betang toyoi ini dinamai sesuai nama pendiri rumah betang tersebut yang bernama Toyoi Panji. Rumah betang toyoi bisa kita jumpai di Desa Tumbang Malahoi, Kalimantan Tengah. Rumah ini dibangun dengan material Kayu ulin yang sudah mencapai usia 150 tahun. Sebelum anda masuk ke Rumah Betang tersebut, anda akan disambut dengan upacara adat bernama Tapung Tawar yang memang harus dilakukan sebab dipercaya bisa mengusir roh jahat . 

Rumah Betang Toyoi ini sudah mengalami pemugaran, akan tetapi keaslian dari rumah ini masih tetap terjaga dengan baik. Untuk bagian dalam rumah ini menggunakan kayu ulin dan untuk bagian luar rumah dilapisi dengan kulit kayu. Selain itu, rumah adat ini juga menggunakan tiang dengan bentuk bulat persegi yang semakin menambah keunikan rumah adat ini sebab tiang tersebut bisa dibentuk sedemikian rupa hanya dengan memakai alat yang sederhana, tidak memakai paku namun masih tetap berdiri dengan kokoh hingga sekarang.

Baca juga: Upacara Adat Kalimantan Tengah

3. Rumah Adat Betang Muara Mea

Rumah Adat Betang Muara Mea via Silontong.com

Rumah adat suku Dayak yang ada di dekat Taman Nasional Gunung Lumut, Kalimantan Tengah ini masih terlihat sangat alami . Meski terlihat sederhana, akan tetapi nilai budaya rumah ini masih sangat asri dan harus dilestarikan. Rumah adat ini memang dibangun pemerintah untuk melestarikan budaya dan sekarang sudah menjadi destinasi wisata di Desa Muara Mea.

Rumah betang muara mea ini menjadi salah satu dari beberapa jenis rumah betang Kalimantan Tengah yang bisa dilihat hingga sekarang.

4. Rumah Adat Betang Damang Batu

Rumah Adat Betang Damang Batu via situsbudaya

Rumah betang damang batu berada di wilayah Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Gunung Mas. Untuk karakteristik rumah adat Kalimantan Tengah ini sebenarnya sama seperti rumah betang lain yakni menghadap ke Sungai Kahayan dan dibangun oleh Tamanggung Runjan seorang penduduk Tewah di tahun 1868.

5. Rumah Adat Betang

Rumah Adat Betang via wikipedia

Rumah betang adalah rumah adat asli suku dayak Kalimantan Tengah. Rumah betang desa tumbang bokoi adalah rumah adat asli yang meskipun sudah mengalami pemugaran namun dibangunkembali sesuai dengan aslinya. Rumah adat yang dibangun tersebut masih menggunakan kayu ulin sebagai material utamanya dengan tujuan agar pengunjung bisa mengetahui ciri dari suku Dayak yang memiliki hidup secara komunal. Ada banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat suku Dayak dalam rumah betang ini.

Baca juga: Rumah Adat Sumatera Barat

6. Huma Gantung

Huma dalam bahasa Dayak Ngaju memiliki arti rumah. Sedangkan gantung memiliki arti tinggi yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi suku Dayak pada zaman dulu. Huma gantung ini berbeda dengan Rumah betang baik dari luas maupun bangunannya. Huma gantung tidak terlalu besar seperti rumah betang namun memiliki tiang yang lebih tinggi. Tinggi tiang rumah adat ini sekitar 4 meter dan ada yang lebih tinggi dilengkapi tangga dua atau tiga susun.

Pintu rumah atau jalan keluar rumah ini ada di bagian depan tidak seperti betang. Panjang huma gantung ini umumnya sekitar 12 hingga 15 depa serta lebar skeitar 8 hingga 10 depa. Rumah adat ini akan dihuni beberapa keluarga yang merupakan keluarga turun temurun.

7. Rumah Adat Betang Sei Pasah

Rumah Adat Betang Sei Pasah via Blogger

Rumah adat Kalimantan Tengah ini berada di Desa Sei Pasah, Kapuas Hilir, Kapuas, Kalimantan Tengah. Pada awalnya, pembangunan rumah baru tersebut mengambil contoh dari rumah betang yang ada di Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur. Akan tetapi karena beberapa hal, pembangunan rumah betang tersebut sudah disesuaikan dengan situasi serta kondisi seperti terbatasnya kayu ulin atau disebut dengan kayu besi.

Pada bagian belakang rumah ini terdapat kuburan atau sanding. Ini merupakan kepercayaan agama Kaharingan dimana tulang manusia akan dikumpulkan dan diletakkan pada sadung. Selain itu, ada juga patung penjaga seperti sebuah ucapan selamat datang yang kini sudah dijadikan sebagai museum yang didalamnya terdapat banyak benda adat dan bersejarah dari suku asli Kalimantan yakni Dayak.

8. Rumah Adat Betang Pasir Panjang

Rumah Adat Betang Pasir Panjang via idtimes

Berbeda dengan rumah betang lain yang sudah mengalami pemugaran, rumah betang pasir panjang ini masih sangat asli dari mulai material yang digunakan hingga struktur yang ada di rumah betang tersebut. Dari letak geografisnya, rumah betang pasir panjang ini ada di daerah Pangkalan Bun yakni ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat.

Lihat juga: Rumah adat Sumatera Selatan

Demikian uraian dari kami tentang rumah adat daerah Kalimatan Tengah untuk para pembaca. Semoga memberikan manfaat dan terima kasih atas waktunya untuk mampir di blog ini. Jangan lupa sampaikan komentar, kritik dan saran pada kolom dibawah.

Silahkan berkomentar