Tertarik dengan Lowongan Kerja Bank? Ketahui Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan

Posted on

Memiliki pekerjaan mapan dengan gaji yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, siapa yang tidak menginginkannya? Perbankan adalah salah satu sektor usaha yang menawarkan pekerjaan mapan tersebut. Kemajuan industri perbankan dengan berbagai peningkatan pelayanan menawarkan peluang lowongan kerja bank yang mungkin Anda inginkan.

Namun tidak mudah untuk menembus lowongan kerja bank, sebab ada banyak saingan yang menanti. Seperti saat setiap adalowongan kerja di bank BCA misalnya tidak pernah sepi peminat. Lantas bagaimana strategi agar Anda dapat lolos dan mendapatkan sebuah posisi di dunia perbankan? 

3 Hal Penting Agar Anda Diterima Bekerja di Bank

Seleksi kerja di dunia perbankan tentulah melalui proses seleksi yang ketat, terutama jika pada lowongan kerja bank Indonesia. Berbagai persyaratan dan dokumen administrasi haruslah dipenuhi. Selanjutnya ketika masuk proses lowongan kerja bank dimulai dari seleksi hingga wawancara menjadi tahapan yang menegangkan sekaligus menentukan. 

Tahapan wawancara menjadi tahap yang paling menentukan diterima tidaknya Anda. Sebagai tahap yang penting dalam proses seleksi lowongan kerja bank, berikut hal penting yang harus Anda persiapkan:

1. Pelajari Tentang Produk Perbankan

Untuk dapat bekerja di bidang apapun, Anda akan dituntut mengetahui banyak tentang bidang tersebut. Dalam industri perbankan Anda harus memahami tentang produk perbankan, kerja-kerja perbankan dan lain sebagainya. Sebaiknya hal tersebut mulai dipelajari begitu Anda tertarik adanya lowongan kerja bank. 

Sudah pasti dalam wawancara maupun tes, pengetahuan Anda tentang dunia perbankan ini akan diuji. Terutama dalam wawancara, jika Anda tidak memahaminya dengan baik, pastilah sulit untuk memberikan jawaban dengan tepat, apalagi harus menjelaskan secara detail tentang produk perbankan. Jangan sampai langkah tiap tahap lowongan kerja bank yang sudah Anda lalui sejauh ini jadi sia-sia.

Selain mempelajari produk perbankan, Anda haruslah memiliki keberanian dalam berbicara. Tidak jarang dalam proses wawancara Anda akan dimintai penilaian tentang produk perbankan tersebut. 

2. Perhatikan Penampilan dalam Wawancara

Dalam dunia perbankan penampilan sangatlah penting diperhatikan, baik secara visual yang rapi maupun etika. Hal ini karena layanan perbankan sangatlah dekat dengan nasabah sebagai konsumennya. Penampilan karyawan menjadi cerminan wajah perusahaan. Maka dimulai dari proses seleksi lowongan kerja bankpenampilan mulai dinilai.

Dalam sesi wawancara, untuk pertama kalinya para pencari kerja akan bertemu dengan perwakilan atau bahkan pimpinan perusahaan. Di saat inilah bagaimana cara Anda berpenampilan dan bersikap akan dinilai. Terlebih jika posisi yang Anda lamar cukup tinggi di perusahaan dan perusahaan bank ternama seperti halnya lowongan kerja bank  BCA. 

3. Lakukan Negosiasi Gaji dengan Cermat

Tujuan utama Anda mengejar lowongan kerja banktentu untuk mendapatkan gaji yang layak. Karena itu jangan ragu negosiasi gaji saat wawancara, namun lakukan dengan pertimbangan yang masuk akal. Misalkan minta gaji setara dengan direktur untuk calon pekerja teller tentu tampak kurang pantas. 

Biasanya pihak perusahaan akan menanyakan gaji yang Anda harapkan, untuk menjawab dengan baik, Anda bisa dengan menjelaskan beban tanggungan Anda. Jika Anda memiliki keluarga yang menjadi tanggungan maka katakanlah. Dengan demikian nominal yang Anda katakan akan jadi masuk akal.

Demikian tentang lowongan kerja di bank dan hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum melalui seleksi. Persiapan yang matang akan memudahkan Anda melalui setiap tahapan dengan baik. Banyaknya saingan bukan masalah jika Anda memiliki kepercayaan diri untuk menjadi yang terbaik.