Tokoh Jawa Sumut Kompak Siap Menangkan Edy-Ijeck di Pilgubsu

Posted on

Provinsi Sumut memiliki populasi masyarakat jawa yang cukup besar. Dari keseluruhan total penduduk, 48% diantarnya adalah etnis jawa. Sebab itu, tak heran jika setiap kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), etnis jawa selalu diperebutkan untuk mendulang suara.

“Dari keseluruhan rakyat Sumut, 48% adalah orang jawa,” kata Ketua DPP Satgas Joko Tingkir, Sukirmanto di Medan, Kamis (18/1), dilansir Analisadaily.

Seiring dengan meningkatnya popularitas pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck), banyak komunitas jawa yang telah memberikan komitmennya untuk mendukung.

Beberapa komunitas masyarakat jawa yang menyatakan dukungannya untuk pasangan Edy-Ijeck antara lain Pendawa, Pujakesuma, Sekar Mirah dan Joko Tingkir. Bahkan Satgas Joko Tingkir sudah membangun posko relawan bernama Seriuss (Sedulur Edy Rahmayadi untuk Sumut Satu).

“Kami sepakat bahwa Sumatera Utara harus dipimpin oleh orang yang berdedikasi, punya disiplin yang tinggi, tegas, wibawa dan merakyat yang tidak lain adalah bapak Edy Rahmayadi. Kami berharap yang memimpin Sumut ke depan adalah putra daerah asli, bukan kiriman dari tempat lain,” jelas Sukirmanto.

Menurut Sukirmanto, pembangunan di Sumatera Utara bergantung kepada keamanan yang kondusif, maka dibutuhkan sosok seperti Edy Rahmayadi yang dapat mengharmonisasikan antar aparat keamanan serta birokrasi di Sumatera Utara. Sukirmanto beserta masyarakat etnis jawa akan mendukung penuh Edy Rahmayadi yang dinilai sudah banyak berbuat untuk Sumatera Utara.

“Kami sangat bangga dengan adanya kader terbaik yang dimiliki Sumatera Utara yaitu Edy Rahmayadi. Kami akan mendukung penuh dan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan Pak Edy dan Bang Ijeck dan mengimbau kepada warga Sumatera Utara untuk bersama-sama bergandengan tangan membawa Sumatera Utara kembali bermartabat,” sambung Mulyono, Ketua Satgas Joko Tingkir Kota Medan.

“Saya mewakili keluarga besar Pendawa berkomitmen untuk mendukung Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah untuk menjadi Gubernur Sumatera Utara 2018-2013,” ucap Ketua DPD Pendawa Kabupaten Langkat, Supriadi.

Sementara perwakilan Pujakesuma, AKBP Sujarno menyatakan, tidak akan ada calon lain yang didukung pihaknya selain pasangan Edy-Ijeck. Mereka berharap agar kombinasi Edy dan Ijeck dapat memimpin Sumatera Utara ke depan.

“Kami segenap pengurus Pujakesuma mengimbau kepada seluruh masyarakat jawa Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera) untuk mendukung Edy Rahmayadi dan Ijeck. Sing tuo, sing mudo, sing isih sekolah asal cukup umure monggo kabhe dukung Edy-Ijeck,” ucap AKBP Sujarno.

“Tidak ada yang lain selain saudara saya Edy Rahmayadi, saya siap mendukungnya bersama dengan Ijeck untuk memimpin Sumatera Utara,” tegas Ki Gondo Asmoro salah seorang sesepuh masyarakat jawa di Sumatera Utara.