Ulama: Sumut Butuh Pemimpin yang Mampu Membesarkan Umat

by
Musa Rajeckshah (kiri), Ustadz Sofyan Saha (tengah), Ustadz Abdul Latif Khan (kanan). Gambar: rmolsumut

Dalam memilih pemimpin, hendaknya umat Islam punya dasar yang kuat. Salah satu dasar yang jadi patokan adalah pendapat ulama.

Dalam menentukan pilihan di suatu daerah maupun negara, para ulama menggunakan Ijtihad sebagai dasarnya. Begitu juga dengan ulama di Sumatera Utara, dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Salah satu ulama yang telah mengelurkan Ijtihad politiknya adalah Ustadz Abdul Latif Khan. Ustadz yang berstatus sebagai pendiri Rumah Dakwah Sakinah, dan yang namanya telah tersohor dalam dunia dakwah di Sumatera Utara itu, menegaskan bahwa dirinya menetapkan pasangan Letjend TNI Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah (Ijeck) sebagai sosok yang mampu membesarkan umat dan mensejahterahkan Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi tausyiah dalam kegiatan Ngaji Bareng Ustadz yang digelar di Masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, Medan, Minggu (3/12) siang, dilansir Rmolsumut.

“Saya cuma ingin berharap kita ikut dalam kontestasi besar ini. Kita harus memberikan pilihan dengan pertimbangan civil society. Kalau pemimpin itu cocok dengan kita, kita juga harus ikut memberi saran dan nasihat kepadanya. Hari ini kita butuh pemimpin, pemimpin yang bisa membesarkan umat,” katanya.

Edy Rahmayadi-Ijeck, dinilai Ustadz Abdul Latif Khan sebagai sosok yang mampu membesarkan umat, serta mampu menjadikan umat sebagai “tuan rumah” di Sumatera Utara. Sebagai contohnya, Ustadz Abdul Latif Khan menerangkan, pasangan tersebut telah menunjukkan keseriusannya dalam membenahi masalah di Sumatera Utara dengan mendatangkan ahli dari Universitas Indonesia (UI)

“Ketika berbicara tentang Pilkada Sumatera utara, mohon maaf saya melakukan perenungan-perenungan sederhana saja. Saya melihat apa fakta-fakta masalah yang ada. Kemarin kita berbincang dengan Bang Ijeck, beliau menyampaikan bahwa Pak Edy meminta kepada tim ahli dari UI untuk meneliti apa fakta masalah di Sumatera Utara, bagaimana menyelesaikannya, dan berapa lama dibutuhkan waktunya,” ungkapnya.

“Ternyata hasil survei menunjukkan bahwa masalah di Sumatera Utara bisa diangkat dalam waktu normal paling cepat butuh 20 tahun,” ungkap Ustad Abdul Latif Khan lagi.

Lebih lanjut, Ustadz Abdul Latif Khan menegaskan, keputusan politik yang didasari oleh Ijtihad itu juga melibatkan segenap pengurus dan simpatisan Rumah Dakwah Sakinah.

“Saya merasa nyaman dengan ketetepan hati, pilihan saya. Saya berbicara dengan kawan-kawan pengurus dari rumah dakwah sakinah, dan melakukan silahturrami, maka saya tetapkan hari ini sebagai agenda untuk menyampaikan pemimpin pilihan. Lebih sempit lagi, pemimpin pilihan umat di Sumatera Utara,” tegasnya.

Setelah bermusyawarah dan mendapat kesepakatan di Rumah Dakwah Sakinah untuk mendukung pasangan Edy Rahmayadi-Ijeck, Ustadz Abdul Latif Khan pun berjanji akan terus mempertahankan keputusannya itu.

“Saya telah meminta izin kepada seluruh pengurus Rumah Dakwah Sakinah untuk membawa Bang ijeck. Saya ber-Ijtihad, Lillahi Taala, bahwa beliau lah yang pantas memimpin Sumatera Utara, Insya Allah ini akan terus saya jaga,” tandasnya.

Loading...