Wisatawan Bali Turun dan Akan Naik Lagi Di Bulan September

Posted on

Belum ada yang bisa memastikan kapan tren covid 19 akan turun dan bisa normal kembali. Rakyat berada dalam kondisi ketidakpastian, termasuk juga daerah Bali yang dikenal dengan banyak turis berdatangan sebelum pandemi.

Harapan kembali optimis ketika ada pejabat yang menyatakan tren covid 19 di Bali sudah mulai menurun. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

Gambar yang terhubung dengan wisatawan Bali
Sumber: Tempo

Adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengungkapkan bahwa jumlah kasus covid-19 (corona) di Bali mengalami penurunan. Hal tersebut memungkinkan kegiatan perekonomian di Bali bisa kembali dilanjutkan, salah satunya dalam sektor pariwisata.

“Jumlah kasus (covid) di Bali dalam beberapa minggu terakhir ini telah menunjukkan penurunan. Penurunan tersebut terjadi karena diberlakukannya kebijakan pendekatan terukur dengan memperhitungkan dua faktor krusial, yaitu memungkinkan kegiatan ekonomi untuk dilanjutkan dan menegakkan implementasi protokol kesehatan di seluruh Bali, termasuk di tingkat desa,” kata Menko Luhut saat memimpin rapat koordinasi (rakor) pemulihan pariwisata Bali, di Kantor Marves, Kamis (25/02/2021), dilansir Maritim.go.id.

Pada waktu hari raya Idul Fitri yang lalu, objek wisata di Bali tetap dibuka dan bisa dikunjungi wisatawan di tengah pelarangan mudik. Namun, sejumlah pengelola menyebut bahwa kunjungan menurun drastis hingga 90 persen.

Wisatawan akan kembali ramai ke berdatangan ke Bali setelah kasus Covid-19 menurun. Itu bisa dicapai dengan vaksinasi yang menargetkan 70 persen masyarakat Bali disuntik vaksin, kemungkinan pada September 2021.

“Saya, punya prediksi kalau menurut WHO apabila 70 persen masyarakat Bali sudah tervaksin akan terjadi herd imunity (atau) kekebalan kelompok. Kalau vaksinasi (tahap) kedua (rampung) sekitar akhir bulan September. Dan mudah-mudahan itu benar, sehingga masyarakat kita sudah 70 persen tervaksin pasti sudah turun Covid-19-nya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa seperti dilansir Merdeka.

Bali bukan hanya menyajikan alamnya yang indah, namun juga warganya yang punya ciri khas tersendiri. Maka wajar jika banyak yang bertanya kapan Bali akan kembali normal.

Kebiasaan warga di Bali memberikan kesan yang tidak bisa begitu saja dilupakan oleh mereka yang datang, baik turis lokal dan mancanegara.

Akhirnya kita sama – sama berdoa kepada Allah Swt supaya pandemi ini bisa segera berakhir. Usaha manusia sudah dilakukan dan yang menentukan adalah Allah Swt. Ikhtiar bumi dan langit harus diselaraskan agar hasilnya optimal.

Silahkan berkomentar