WOW! Dukun Ngaku Dibayar Relawan Ridwan Kamil, Segini Jumlahnya

by
Endang, dukun bayaran relawan Ridwan Kamil.

Video dukun menyatakan dukungannya kepada salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat membuat heboh dunia maya beberapa waktu lalu.

Belakangan diketahui jika video itu merupakan pesanan untuk menjelek-jelekkan pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi.

Dukun tersebut mengaku dibayar untuk melakukan ritual ghaib. Dukun jadi-jadian itu bernama Endang, warga Pantai Jayanti, Kabupaten Cianjur.

Endang mengaku disuruh oleh relawan Ridwan Kamil untuk berpura-pura menjadi dukun sebagai bagian dari kampanye hitam yang ditujukan bagi pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Endang menuturkan, awalnya ia bertemu dengan sejumlah pendukung salah satu pasangan calon dari Kota Bandung. Pertemuan itu berlangsung di sebuah penginapan, tak jauh dari rumah Ridwan Kamil.

“Ketemu sama mereka itu di penginapan milik tetangga. Enggak jauh dari sini. Mereka bilangnya mau ziarah dan minta saya antar. Ya sudah, saya antarkan,” kata Endang.

Rombongan tersebut akhirnya sampai di sebuah gua di Pantai Jayanti dan sesuai dengan gambaran yang tersebar dalam video, pantai itu termasuk ke dalam wilayah Pantai Selatan Jawa Barat.

Di mulut gua, pendukung pasangan calon tersebut meminta Endang untuk menjadi dukun dadakan dan ternyata mereka sudah menyiapkan bunga rampai, kemenyan dan kepala kambing untuk melakukan ritual serta ikat kepala hitam dan pakaian pangsi. Perangkat ritual tersebut juga terlihat jelas dalam video yang sengaja disebarkan usai melakukan ritual.

Endang mengaku sempat menolak permintaan tersebut. Namun imbalan uang sebesar Rp200 ribu membuat lelaki berusia 75 tahun itu tidak mampu menahan diri.

“Saya tadinya enggak mau, tetapi ada uang Rp 200 ribu yang saya terima. Akhirnya, saya lakukan saja. Terus terang pak, saya tidak membawa apa-apa ke lokasi itu. Semua sudah siap begitu saja,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, tim pasangan calon nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi melaporkan pengunggah video tersebut.

Pengunggah video dukun itu diketahui bernama Mochammad Sa’ban Hanif. Ia merupakan salah satu relawan pendukung pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Laporan tersebut dilayangkan ke Polda Jawa Barat pada Senin (18/6/2018) lalu.

“Video black campaign itu pertama kali diunggah Mochammad Sa’ban Hanif. Berdasarkan data dari akun Facebook-nya, dia seorang anggota relawan Gurka atau Gerakan Untuk Ridwan Kamil,” ucap Kuasa hukum tim Deddy-Dedi Hotma Agus Sihombing di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/6/2018).

Tim Deddy Mizwar laporkan dukun Ridwan Kamil ke polisi

Surat tanda terima laporan pun sudah dipegang tim Deddy-Dedi. Dugaan tindak pidana informasi dan transaksi elektronik disematkan kepada terduga dengan nomor laporan LPB/565/VI/2018/Jabar.

“Pak Endang yang berakting menjadi dukun dalam video itu sudah mengakui kesalahannya. Dalam keterangan kepada kami, beliau mengatakan disuruh oleh salah satu tim paslon di Pilgub Jabar. Kami tidak ingin menuduh, tetapi boleh tafsirkan sendiri. Sebab, ini merupakan serangan politik,” katanya. (pjst)

Loading...

Silahkan Berkomentar