21 Alat Komunikasi Modern, Fungsi dan Penjelasannya

Posted on

Alat komunikasi modern dan fungsi serta penjelasannya merupakan informasi yang penting untuk disampaikan kepada para pembaca. Ada ribuan pencarian kata kunci di internet berdasarkan riset dari Google. Maka dari itu, tidak salah jika Anda termasuk sebagai orang yang membutuhkan ulasan ini.

Alat komunikasi modern juga bisa disebut dengan tool atau alat bantu bagi manusia dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Bedanya dengan alat komunikasi zaman dahulu adalah, bentuk dan fungsi pada komunikasi modern ada sentuhan teknologi. Tidak lagi manual seperti alat komunikasi kuno.

Banyak alat komunikasi zaman dahulu yang kini tidak lagi dipakai manusia karena kehadiran alat komunikasi modern. Ada pun alasannya karena alat bantu komunikasi modern banyak kelebihan yang langsung dirasakan. Selain itu, yang kuno semakin kurang volume produksinya. Bagaimana nasib para pengusahanya?

Kelebihan

Banyak sekali kelebihan pada alat komunikasi modern. Dan pada artikel ini kita akan bahas beberapa saja.

1. Cepat

Penggunaannya lebih cepat alias efisien dalam hal waktu. Jika pada zaman dahulu orang membutuhkan waktu yang lama untuk menyampaikan surat. Sekarang hanya butuh beberapa detik saja. Yaitu melalaui surat elektornik (surel), atau dalam istilah lain adalah email.

2. Multi Fungsi

Satu alat komunikasi bisa berfungsi banyak. Contohnya smartphone yang tidak hanya dipakai untuk menelepon saja. Melainkan bisa dipakai untuk foto dan rekam video, sampai edit video pun bisa dilakukan disana.

Bisa juga difungsikan sebagai penyimpan data yang penting karena tersedia ruang memori yang cukup besar.

3. Simple

Model dan fiturniya lebih sederhana. Misalkan pada zaman dahulu banyak alat komunikasi yang besar bentuknya. Sekarang kita bisa rasakan bentuknya lebih simple. Bahkan ada yang bisa mobile, yakni dibawa kemana – mana.

Lihat:Pengertian Komunikasi Daring

Tentu ada banyak lagi kelebihan dan Anda pasti lebih mengetahuinya. Hanya saja pada topik kali ini kita akan fokus membahas poin demi poin apa saja komunikasi modern. Dari pencarian yang kami lakukan, paling tidak ada puluhan jumlahnya. Dan sepertinya akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Kumpulan Alat Komunikasi Modern

Butuh waktu sekira dua hari untuk mengumpulkannya. Jika ada yang ingin menambahkan sila isi pada kolom komentar ya. Selamat membaca.

1. Koran (Surat Kabar)

Koran merupakan alat komunikasi modern yang menjadi salah satu awal perkembangan alat komunikasi medern yang masih terus digunakan hingga sekarang. Melalui media koran informasi dapat dijangkau oleh orang banyak dalam waktu priode yang sama. Informasi yang dimuat dalam koran meliputi banyak topik seperti politik, olahraga, cuaca dan informasi lainnya. Meski alat komunikasi modern terus berkembang dewasa ini namun media koran tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi.

Koran sekarang sudah banyak yang berbentuk digital dan mudah diakses melalui jaringan internet dengan media laptop, tablet dan smartphone. Ada versi website dan aplikasi Android.

2. Telepon

Alat Komuniasi Telepon
Telepon via Tokopedia

Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon merupakan alat komunikasi modern yang menjadi cikal bakal perkembangan alat komunikasi modern lainnya. Melalui media telepon kita bisa berkomunikasi walau jarak cukup jauh. Telepon berfungsi menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

3. Handy Talky

Handy-Talky-Sebagai-Alat-Komunikasi
Handy Talky via kucari.com

Handy Talky yang merupakan alat komunikasi modern yang cara kerjanya mirip dengan telepon namun menggunakan gelombang radio sebagai alat pengantar pesannya. Alat yang disingkat dengan HT memiliki bentuk fisik yang mirip dengan telepon genggam. Penggunaan gelombang radio sebagai transmisinya memungkinkan kita berkomunikasi dengan banyak orang dengan mengganti salurannya.

4. Pager

Alat Komunikasi Pager
Pager via Amazon

Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil ditemukan oleh Multitone Electronic pada tahun 1956 di Rumah Sakit St.Thomas, London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Penggunaan Pager memungkinkan menyampaikan informasi dan pesan dari suatu tempat ketempat lainnya dengan jarak yang terkadang tergolong cukup jauh.

5. Perangkat Komputer

Alat Komunikasi Bernama Komputer
Komputer via Blogger

Komputer Secara Umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data. Hal ini memungkinkan komputer menjadi alat pengolahan data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan. Dengan perkembangan teknologi komputer  anda dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, dan menjelajah Web.

6. Handphone

Alat Komunikasi Smartphone
Smartphone via idntimes

Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja). Telepon genggam atau telepon seluler (disingkat ponsel) atau handphone (disingkat HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana. Penggunaan Handphone tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (jadi komunikasi nirkabel, bahasa Inggris: wireless communication)

7. Laptop

Laptop Tergolong Alat Komunikasi
Laptop via currys

Laptop bisa di sebut alat komunikasi yang mempunyai fungsi yang sama dengan perangkat komputer. Perbedaan paling signifikan dari laptop dan komputer adalah bentuk fisik dan energi yang digunakan untuk pengoperasiaannya. Laptop bisa dipindah dan dibawa kemana saja dengan daya batrai sebagai sumber energi untuk pengoperasiannya, sedangkan komputer memerlukan daya listrik untuk pengoperasiannya. Perangkat ini berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut.

8. Tablet

Tablet via Forbes

Tablet salah satu contoh dari teknologi komputasi yang menggunakan pena, dan dengan demikian, pengembangan tablet memiliki akar sejarah yang dalam. Hak paten pertama untuk sistem yang menggunakan karakter tulisan tangan dengan menganalisis gerakan tulisan tangan diberikan pada tahun 1915 dan dipublikasi secara umum pada tahun 1956. Tablet dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komputer notebook yang memiliki layar LCD di mana pengguna dapat menulis dengan menggunakan pena tujuan khusus, atau stylus. Penggunaan tablet di masyarakat luas mulai berkembang pesat pada sekitar tahun 1990.

Tablet itu sendiri diciptakan dengan penyempurnaan dari komputer dimana pada tablet, salah satu ciri khas nya adalah penghilangan sistem keyboard serta ukuran yang lebih kecil. Tablet bertujuan sebagai perangkat yang mengadopsi sistem komputer dengan membantu pengguna dalam melakukan mobilitas dimana pada saat yang sama harus mengakses komputer.

9. Fax

Fax via Amazone

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks/fax, berasal dari kata ‘fac simile’ (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya. Dalam mencetak dokumen melalui mesin faks, digunakan kertas khusus yaitu thermal paper yang peka panas (heat-sensitive thermal). Thermal Paper adalah kertas yang dipenuhi dengan bahan kimiawi yang akan berubah warna ketika dipanaskan. Kertas ini biasa digunakan pada pencetak termal.

10. Televisi

TV via Blibli

Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti jauh dan visio dari bahasa Latin yang berarti penglihatan, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. Televisi sendiri sudah menjadi sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

11. Radio

Radio via Google Image

Radio salah satu teknologi informasi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Alat komunikasi ini pada awalnya digunakan dalam keperluan maritim untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal dan penerima di darat. Salah satu pengguna awal teknologi ini adalah Angkatan Laut Jepang yang memata-matai armada Rusia saat Perang Tsushima pada tahun 1901. Salah satu penggunaan teknologi ini yang paling dikenang adalah pada komunikasi antara operator di kapal RMS Titanic dengan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat.

12. Telegram

Telegram via BBC

Telegram termasuk aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler dan sistem perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya sesuai dengan konten yang tersedia pada layanan telegram.

13. Email

Email via Gmail

Pengertian Email atau surat elektronik atau juga yang biasa dikenal dengan surel sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia surel penerima → mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima.

14. WhatsApp

WA via Google

WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp  menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

15. Smart Watch

Smart Watch via Walmart

Meski hadir dengan teknologi canggih, smartwatch sejatinya merupakan perangkat pendukung smartphone. Karena itu perangkat ini tidak akan berfungsi sebagai mestinya tanpa keberadaan smartphone yang menjadi induknya. Agar dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada, smartwatch haruslah selalu terkoneksi dengan smartphone. Sebenarnya inilah tujuan diciptakan smartwatch ini, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone Anda. Namun kini sudah ada beberapa vendor yang telah menanamkan teknologi selular ke dalam smartwatch besutannya. Namun satu hal yang perlu Anda tahu, fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk menunjang fungsi perangkat smartphone.

Lihat: Apa Itu Komunikasi Daring?

16. Facebook

FB via cnet

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Untuk bisa menggunakan  jejaring sosial ini anda terlebih dulu harus mendaftar barulah setelah itu pengguna bisa membuat profilnya sendiri dan bisa terhubung dalam pertemanan dengan orang lain secara luas. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

17. Instagram

IG via Kompas

Instagram adalah salah satu media yang dapat `anda gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak orang melalui jaringan internet. Instagram (juga disebut IG atau Insta) adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

18. Twitter

Twitter via Google Image

Twitter salah satu layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan pemakainya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan. Aplikasi ini juga memungkinkan anda mengirim pesan berupa gambar ataupun video dan berbalas pesan atau komentar. Saat ini diperkirakan sekitar 63 juta orang menggunakan aplikasi twitter di indonesia.

19. Alat Skype

Skype via wincamp

Skype merupakan sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna program ini dapat berbicara dengan pengguna yang lain dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

20. CCTV

CCTV via Amazon

CCTV singkatan dari kata (Closed Circuit Television), yang memiliki arti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup atau rahasia, tidak seperti televisi biasa pada umumnya yang merupakan broadcast signal. CCTV memakai DVR (sistem Digital Video Recorder) yaitu system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera. Dalam sistem ini banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk pelengkap keamanan, salah satunya adalah merekam semua kejadian dan hasil rekaman ini yang biasa digunakan di dalam peradilan untuk membuktikan suatu kejadian dalam sebuah sistem kamera, jumlah dan kualitas rekaman akan ditentukan oleh DVR ini.

21. TOA

TOA via Bhineka

TOA adalah merek pengeras suara terkenal berbentuk corong, berharga relatif murah. Meskipun murah, suara yang dihasilkannya nyaring luar biasa. Karena itu alat komunikasi ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan ‘halo-halo’.

Fungsinya untuk menyampaikan informasi kepasa khalayak ramai. Biasanya, diperlukan oleh Masjid, massa yang sedang melakukan demonstrasi dan kegiatan lainnya.

Lihat: Alat Pembayaran Non Tunai

Dampak negatif dari alat komunikasi modern sudah pasti ada, ada yang berbahaya dan ada yang biasa saja. Salah satu dampak negatifnya yang berbahaya adalah membuat kecanduan. Lihat sekarang ini betapa banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone, dari duduk, berdiri sampai berbaring tetap gadgetnya tidak pernah lepas.

Oke, demikian dahulu ulasan tentang alat komunikasi modern dilengkap dengan fungsi dan penjelasan. Semoga memberikan banyak manfaat kepada para pembaca. Satu hal yang jadi pertanyaan, apakah dari jumlah alat komunikasi canggih diatas, apa saja yang buatan Indonesia?

Silahkan berkomentar