19 Alat Transportasi Udara Tradisional dan Modern serta Gambar

Posted on

Alat transportasi udara tradisional dan modern adalah kendaraan yang membantu manusia dalam berbagai urusan, bisa untuk bepergian, mengirim paket barang, atau sekedar menyalurkan hobi saja. Terbagi menjadi kendaraan udara tradisional dan modern karena faktor waktu dan teknologi yang ditemukan oleh para ahli dari waktu ke waktu.

Selain itu, fungsi dari moda transportasi udara ini ada yang memakainya untuk berperang. Kita saksikan salah satu yang melumpuhkan musuh dalam perang adalah serangan udara, selain serangan darat dan laut tentunya.

Singkatnya, alat transportasi udara ini sangat banyak sekali fungsi dan kegunaannya. Wajar saja jika keberadaannya terus dibutuhkan oleh umat manusia dari waktu ke waktu. Karena jarak tempuh akan semakin dekat dan cepat jika seseorang memiliki memakai alat ini untuk bepergian.

Bukan cuma untuk pindah dari satu daerah ke daerah yang lain, alat transportasi udara juga digunakan oleh manusia untuk keperluan menuju luar angkasa oleh para astronot. Beberapa negara sudah melakukan survei dan eksplorasi ke sana. Jika dahulu masih banyak orang melakukan haji dan umroh menaiki kapal laut, sekarang sudah banyak yang naik pesawat terbang.

Di negara indonesia sendiri ada hal aneh terjadi, di mana harga ongkos pesawat terbang dari Medan ke Jakarta lebih mahal dari pada dari Medan ke negara Malaysia yang keberadaannya sudah berada diluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Imbasnya, banyak orang Medan lebih senang datang ke Malaysia untuk berlibur dari pada ke pulau Jawa. Alasannya ya karena lebih murah.

Pada waktu yang lalu, kami sudah berhasil mempublikasikan beberapa informasi mengenai moda transportasi, mulai dari kendaraan darat tradisional dan moda transportasi darat modern serta alat transportasi laut yang tradisional dan modern pula. Keberadaan artikel yang Anda baca ini guna menjadi pelengkap saja.

Baiklah, langsung saja kita kumpulkan satu persatu apa saja alat transportasi udara tradisional dan modern yang dilengkapi dengan gambar serta penjelasan.

1. Airship

Airship via dailymail

Airship adalah alat transportasi pertama yang melakukan penerbangan non-stop (tanpa berhenti) antara benua Eropa dan benua Amerika. Airship atau yang dikenal dengan sebutan kapal udara adalah pesawat terbang yang dapat dikemudikan, dengan daya angkat yang berasal ruangan berisi gas yang lebih ringan daripada udara, dan memiliki tenaga penggerak sendiri.

Sampai sekarang masih ada perusahaan yang menggunakan kapal udara ini untuk tugas-tugas pengawasan dan penelitian serta pembuatan iklan.

2. Balon Terbang (Udara)

Balon Terbang via pixabay

Balon terbang atau Balon merupakan salah satu alat transportasi udara tradisional yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak tertentu. Balon udara udara merupakan sejenis pesawat terbang, yakni sebuah balon yang dipompa dengan udara. Balon terbang dapat mengambang di udara karena memiliki daya apung. Pada mulanya, udara yang dipompakan itu adalah hidrogen. Karena rawan akan risiko ledakan, sekarang gas mulia helium dipakai sebagai media penggerak.

3. Seaplane

Seaplane via Youtube

Seaplane adalah pesawat laut, pesawat terbang terapung atau yang biasa kita kenal dengan pesawat amfibi. Seaplane ini bisa mendarat dan lepas ladas di perairan dan juga dilandasan pesawat terbang biasa. Dikabarkan alat ini mulai tahun 1910 telah berhasil lepas landas di negara Prancis untuk yang pertama kalinya. Seaplane sendiri diciptakan dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Seaplane pertama kali diciptakan untuk mengangkut logistik yang di kirim ke daerah terpencil yang susah dijangkau oleh pesawat terbang biasa. Daerah terpencil yang tidak memiliki lapangan terbang, jadi peawat ini bisa mendarat dan lepas landas di permukaan air. Semakin canggihnya teknologi, Seaplane kini menjadi pesawat yang digunakan untuk industri pariwisata dibeberapa daerah di dunia.

4. Biplane

Biplane via viator

Biplane adalah pesawat terbang yang memiliki dua sayap utama. Wright bersaudara (brother) memakai desain pesawat terbang tidak satu, melainkan ganda, seperti yang dipakai pada banyak pesawat ketika tahun awal penerbangannya. Rupanya dijumpai kelemahan pada pesawat ini, yaitu kecepatannya yang sangat terbatas dan teknik strukturalnya yang sangat sederhana. Akibatnya, pesawat ini tidak lagi difungsikan sejak akhir tahun 1930 an.

5. Fighter Aircraft

Fighter Aircraft via fool

Fighter aircraft adalah jenis pesawat udara yang digunakan dalam pertempuran atau dikenal dengan pesawat tempur dan pesawat pengebom. pesawat ini memiliki kemampuan menyerang pesawat lain diudara dan menembak sasaran yang ada didarat.

6. Drone

Drone via Djistore

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan komputer atau remote control. Drone biasanya digunakan sebagai pesawat pengawas atau pengintai dan bisa juga digunakan untuk membawa muatan baik senjata yang sesuai dengan muatannya.

Namun sebagian orang memanfaatkan drone untuk keperluan videografi yang dikreasikan sebagai bahan membuat video.

7. Hezârfen Ahmed Çelebi

Hezârfen Ahmed Çelebi via Google Image

Hezârfen Ahmed Çelebi, adalah Ilmuwan yang hidup pada zaman pemerintahan Sultan Murad dari Kesultanan Ottoman. Dia adalah orang pertama yang melakukan penerbangan menggunakan sayap artifisial dalam sejarah penerbangan. Penerbangan menggunakan sayap artifisial dilakukan oleh Hezârfen Ahmed Çelebi pada tahun 1638.

8. Airliner

Airliner via Wiktionary

Pesawat penumpang sipil atau airliner adalah jenis pesawat komersial yang kini banyak digunakan. Pesawat terbang ini banyak digunakan untuk mengangkut  mengangkut penumpang sipil beserta bagasi dan kargo dengan kapasitas tertentu. Syarat-syarat mengenai pengangkutan sipil diatur dalam undang-undang, baik pemerintah maupun internasional melalui lembaga PBB bernama ICAO (International Civil Aviation organization).

9. Aerobatic Aircraft

Aerobatic Aircraft via Wikipedia

Pesawat terbang yang satu ini tidak digunakan untuk hal yang biasa. Pesawat ini biasa digunakan sebagai pesawat yang melakukan manuver aerobatik yang digunakan untuk pelatihan, rekreasi, hiburan, dan olahraga. Kebanyakan manuver aerobatik melibatkan rotasi pesawat dengan sumbu longitudinal (roll) atau lateral (pitch). Manuver lain, seperti putaran, memindahkan pesawat dengan sumbu vertikal (menguap).  Manuver sering digabungkan untuk membentuk urutan aerobatik lengkap untuk hiburan atau kompetisi.

Terbang aerobatik membutuhkan keterampilan piloting yang lebih luas dan berpengalaman. Aerobatik membuat pesawat mengalami tekanan struktural yang lebih besar daripada penerbangan normal.

10. Pesawat Ulang Alik

Pesawat Ulang Alik via Wikipedia

Pesawat milik Amerika Serikat ini difungsikan untuk misi luar angkasa. Perbedaan dengan pesawat yang lain adalah dapat digunakan kembali di lain waktu. Pesawat jenis ini kabarnya hanya dimiliki oleh NASA, yaitu badan antariksa Amerika, dalam beberapa model.

Bisa disebut, pesawat ulang-alik NASA ini adalah pesawat luar angkasa pertama yang dirancang agar dapat dipakai kembali sebagian. Tugas dari pesawat ini adalah membawa berbagai muatan (biasanya satelit) ke berbagai orbit bumi (biasanya orbit rendah, perlu perlakuan khusus untuk orbit yang lebih tinggi), penggantian awak ISS, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan untuk misi servis. Terkadang pesawat ini juga dapat mengambil kembali satelit untuk dikembalikan ke bumi.

11. Pesawat Luar Angkasa

Pesawat Luar Angkasa via Okezone

Lander (pesawat luar angkasa) adalah sebuah pesawat ruang angkasa yang turun menuju dan datang untuk beristirahat di permukaan badan objek astronomi. Untuk tubuh dengan atmosfer, pendaratan terjadi setelah masuk atmosfer (atau kurang tepat untuk planet lain, masuk kembali atmosfer, atmospheric reentry) dan pendarat yang pertama masuk kembali kendaraan.

Dalam kasus ini pendarat dapat menggunakan parasut untuk memperlambat dan untuk mempertahankan kecepatan terminal rendah. Kadang-kadang roket mendarat kecil dinyalakan untuk mengurangi dampak kecepatan.

12. Light Aircraft

Light Aircraft via cnn.com

Light Aircraft atau yang juga dikenal sebagai pesawat olahraga ringan atau LSA, adalah pesawat kecil yang mudah untuk terbang dan memenuhi peraturan tertentu yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan nasional yang membatasi berat dan kinerja. Misalnya, di Australia, Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil mendefinisikan pesawat ringan sebagai pesawat yang lebih berat dari udara atau lebih ringan dari udara, selain helikopter, dengan berat lepas landas maksimum bruto tidak lebih dari 560 kg (1.230) lb) untuk pesawat yang lebih ringan dari udara; 600 kg (1.300 lb) untuk pesawat yang lebih berat dari udara yang tidak dimaksudkan untuk operasi pada air; atau 650 kg (1.430 lb) untuk pesawat yang difungsikan untuk pengoperasian di perairan.

13. Aerostat

Aerostat via wikipedia

Aerostat merupakan wahana atau pesawat udara yang memanfaatkan daya dorong ke atas dalam udara (zat gas) sebagai medium pengangkat untuk melaksanakan penerbangan berlanjut pada atmosfer, yang masuk dalam klasifikasi ini ialah balon serta kapal udara.

Aerostat memakai gaya apung untuk mengudara. Ini persis dengan teori kapal laut untuk mengapung di atas air. Pesawat udara ini biasanya memakai gas seperti helium, hidrogen, atau udara panas untuk menghasilkan gaya apung tersebut. Adapun hal yang membedakan antara balon udara dengan kapal udara ialah balon udara lebih mengikuti arus angin, sedang kapal udara dilengkapi dengan sebuah sistem propulsi untuk dorongan ke depan dan juga sistem kendali.

14. Volocopter

Volocopter via wired

Volocopter adalah helikopter dengan 18 baling-baling. Ini adalah karya perusahaan Jerman bernama E-Volo. Perusahaan ini baru aja mengenalkan Volocopter VC200 kepada dunia setelah mendapatkan izin terbang di langit. Sebuah Video juga dirilis untuk memberitahu kamu dan orang lain di berbagai belahan dunia soal kehebatan helikopter satu ini. Menyoroti fisik dari Volocopter VC200 ini akan terlihat persis gabungan antara alat drone dan helikopter.

Mengenai sistem kerjanya bukan persis helikopter pada umumnya. Alat transportasi udara dengan 18 baling-baling ini terbang layaknya drone. Hal yang menarik, alat ini memiliki tenaga yang bisa dipakai untuk terbang bebas. Penemunya menanamkan tenaga listrik dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.

15. Helikopter (Helicopter)

Helikopter via Tempo

Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Berdasarkan ati secara perkata, helikopter berasal dari serapan bahasa Yunani yaitu Helix (spiral) dan pteron (sayap). Helikopter dioperasikan oleh mesin yang diciptakan oleh penemu Slowakia Jan Bahyl. Helikopter adalah pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter digolongkan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya.

Kelebihan helikopter adalah bisa menjangkau daerah – daerah terpencil untuk dikunjungi. Salah satunya adalah ketika ada bencana alam. Helikopter dapat membantu kegiatannya.

16. Glider

Glider via fai

Pesawat Terbang yang bernama Glider merupakan pesawat yang katanya lebih berat dari udara didukung dalam penerbangan oleh reaksi angkat dinamis udara terhadap permukaan, serta penerbangan yang bebas tidak tergantung pada mesin. Sebagian besar pesawat jenis ini dimaksudkan untuk operasi rutinitas tanpa mesin, meskipun kegagalan mesin dapat memaksa jenis pesawat untuk menjadi glider.

Beberapa glider mempunyai mesin untuk memperpanjang penerbangan di udara, dan beberapa punya mesin yang cukup kuat guna memulai ke udara.

17. Mobil Terbang

Mobil Terbang via Youtube

Mobil Terbang adalah alat transportasi seperti layaknya mobil yang digunakan di darat namun memiliki kemampuan terbang ketika terjadi situasi yang macet. saat ini desainmobil terbang sudah banyak dirilis oleh beberapa negara bahkan ada yang sudah mulai uji coba teknologi mobil terbang ini.

18. Alat Terjun Payung

Alat Terjun Payung via Jawapos

Terjun payung merupakan kegiatan yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang memakai alat bernama parasut yang dapat dibentangkan. Tidak ditemukan sejarah yang jelas mengenai ini. Andre-Jacques Garnerin membuat lompatan parasut dari balon udara pada tahun 1797. Pertandingan pertama dikabarkan terjadi sekitar tahun 1930-an, kemudian dinobatkan sebagai olahraga internasional pada tahun 1951. Saat ini terjun payung dilaksanakan sebagai aktivitas rekreasional dan olahraga kompetitif.

Di Indonesia sendiri alat terjun payung sering dipakai oleh pasukan angkata udara.

19. Paralayang

Paralayang via Inibaru.com

Paralayang termasuk jenis olahraga terbang bebas dengan memakai sayap kain yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Induk dari organisasinya yaitu PLGI yang berada di bawah naungan FASI. Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan sarana arah angin.

Lihat: Sewa Bus Pariwisata Medan

Resiko Tinggi

Disamping kelebihannya, juga ditemukan beberapa resiko jika seseorang mengendarai alat transportasi udara. Resiko yang paling berat adalah kematian. Ya, resiko ang lebih berat dibandikanga dengan mengendarai armada transportasi darat atau laut.

Keamanan pada transportasi udara sangatlah ketat. Bahkan kabarnya lebih ketat dari pada keamanan para moda transportasi lain. Namun beberapa waktu yang lalu di Indonesia terjadi suatu hal yang memilikukan, yaitu pilot memakai narkoba. Semoga keadian tersebut tidak terulang lagi. Regulasi dan kebijakan pemerintah harus tegas dalam hal pelayanan transportasi udara.

Hal yang pernah terjadi adalah pesawat terbang di bajak oleh para penjahat. Jika keinginannya tidak dipenuhi, maka pesawat akan susah untuk mendarat ketempat tujuannya.

Oke, demikian dahulu kami uraikan poin per poin tentang alat transportasi udara tradisional dan modern untuk pembaca yang budiman. Semoga saja memberikan manfaat kepada kita semuanya. Oh iya, untuk Anda yang hendak menuju Bandara Internasional Kualanamu Airport, silahkan lihat alamat rental mobil Medan yang sudah kami publikasikan.