19 Alat Musik Petik Tradisional dari Indonesia dan Asalnya

Posted on

Alat musik petik tradisional dari Indonesia dan asal daerahnya, baik yang berdawai dan juga bersenar merupakan informasi yang sangat penting diketahui oleh warga yang mengaku sebagai pecinta kesenian nusantara. Pada kesempatan ini kami akan memberika deskripsi tentang nama alat musik, gambar dan penjelasan yang berguna menambah wawasan para pembaca. Ditambah lagi dengan perbandiangan dengan alat musik yang dimainkan dengan cara lain, yaitu alat musik tiup dan alat musik gesek. Kedua alat musik tersebut sudah kami publikasikan beberapa waktu yang lalu.

Belum semua orang tahu tentang alat musik petik, baik yang asli Indoensia maupun yang berasal dari luar negeri. Disebut Idonesia karena memang dibuat dan dikreasikan oleh orang yang berada di wilayah . Indonesia. Sedangkan disebut sebagai alat musik dari luar negeri karena memang hadirnya di nusantara dibawa oleh para pedagang yang datang ke Indonesia dan mendapat respon baik dari warga lokal untuk dijadikan sebagai alat musik petik tradisional.

Dua cara dalam memetik alat musik ini, ada yang langsung dengan memakai tangan dan ada yang dengan memakai alat khusus. Hasil suara atau nadanya pun hampir sama. Hanya saja pilihan memakai alat atau tidak dikembalikan kepada para seniman yang akan memainkannya.

Dalam berbagai acara hiburan rakyat dimasa lalu, beberapa alat musik petik tradisional turut serta, seperti gitar, kecapi dan yang lainnya. Tidak sempurna sebuah lagu tanpa diiringi dengan alat musik yang berbasis petik. Maka dari itu, kehadiran alat musik tersebut sangat penting tanpa mengurangi urgensi dari alat musik lainnya.

Pada setiap daerah yang berada di bawah wilayah negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki alat musik petik. Dan bersamaan dengan itu pula banyak seniman yang bisa memainkannya. Bagi Anda yang ingin bisa memainkan alat musik petik klasik ini rasanya tidaklah susah. Jika ada kemauan, maka akan ada jalan. Anda bisa kursus dengan guru atau belajar otodidak.

Berikut ini adalah kumpulan nama – nama alat musik petik tradisional yang penting untuk diketahhui.

1. Kecapi

Kecapi via Blogger

Kecapi adalah alat musik tradisional yang banyak dijumpai di pulau Jawa. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi terbuat dari bahan dasar kayu dan tali senar yang bentuknya seperti kotak. Memainkan Kecapi memerlukan keterampilan khusus karena memetiknya berbeda dengan memetik gitar.

2. Ukulele

Ukulele via thewritecutter

Ukelele adalah alat musik tradisional indonesia yang dimainkan dengan cara dipetik. Bentuk alat musik ini sama seperti alat musik gitar namun dengan ukuran yang lebih kecil. Ukuran Ukulele sekitar 20 inci dan terbuat dari bahan kayu dan tali senar. Menurut sejarahnya alat musik ini ditemukan sekitar tahun 1879.

3. Jentreng

Jentreng via pustakabudaya.id

Jentreng adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini juga berasal dari daerah Jawa. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan Kecapi namun memiliki ukuran dan jumlah senar yang berbeda. Jumlah senar yang ada pada jintreng hanya sekitar 7 buah saja.

4. Sasando

Sasando via Wikipedia

Sasando dikenal sebagai alat musik petik yang berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik ini dimainkan sama seperti memainkan alat musik gitar. Menurut sejarahnya alat musik ini sudah ada sejak abad ke 7 masehi.

5. Harpa

Harpa via Blogspot

Alat musik Harpa adalah alat musik tradisional yang mulanya adalah busur panah yang dipakai untuk berburu. Bentuk alat musik ini memang seperti busur panah dan memiliki beberapa senar.

6. Gambus

Gambus via Glogger

Gambus adalah salah satu alat musik yang masuk kewilayah nusantara melalui pedagang dari Timur Tengah yang melakukan perdagangan ataupun dakwah di wilayah nusantara. Tak heran jika alat musik ini menjadi alat musik tradisional dari beberapa daerah di indonesia yang didiami banyak ummat Islam.

7. Japen

Japen via Redaksiweb.com

Japen adalah alat musik petik yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan. Alat musik ini biasa dimainkan masyarakat sebagai sarana hiburan melepaskan kepenatan. Hingga saat ini alat musik ini masih sering digunakan oleh masyarakat disana. Alat musik ini dinamakan Japen karna bentuknya yang unik.

8. Panting

Panting via elnuha.net

Panting adalah alat musik tradisional dari suku Banjar yang mendiami wilayah di Kalimantan Selatan. Alat musik ini berbentuk hampir sama dengan alat musik Gambus namun ukurannya lebih kecil.

9. Siter

Siter via Blogger

Siter adalah alat musik petik yang mirip dengan Kecapi. Siter dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik meruapakan alat musik tradisional daerah Jawa Tengah. Masyarakat Jawa Tengah biasa memainkan alat musik ini dalam upacara tradisional dan hiburan bagi rakyat.

10. Saung Gauk

Saung Gauk via Youtube

Saung Gauk adalah alat musik petik yang mirip seperti Harpa. Alat musik ini bearasal dari daerah Kalimantan Selatan. Mayarakat di Kalimantan Selatan memainkan alat musik ini sabagai hiburan rakyat.

11. Sampek

Sampek via Silontong.com

Sampek adalah alat musik petik tradisional suku Dayak. Alat ini banyak ditemui dipulau Kalimantan yang banyak didiami oleh suku Dayak. Sampek biasa dimainkan untuk mengiringi berbagai upacara adat suku Dayak Kalimantan.

12. Keso-Keso

Keso-Keso via Blogger

Keso – Keso adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini dikenal berasal dari wilayah Toraja. Masyarakat Toraja memainkan alat musik ini sebagai hiburan maupun kegiatan upacara adat lainnya.

13. Celempung

Celempung via Tokopedia

Sebenarnya banyak yang tidak tahu asal mula alat musik yang satu ini. Meski banyak yang tidak tahu asal mula alat musik ini namun kita bisa dengan muda menemukan alat musik ini di daerah Jawa Barat.

14. Hasapi

Hasapi via WordPress

Hasapi adalah alat musik petik tradisional dari daerah Sumatera Utara khususnya bagi masyarakat Batak Toba. Bagi masyarakat Batak alat musik ini bukan hanya sebagai saran untuk menghibur, namun juga berfungsi menyampaikan pesan kepada orang yang mendengarkannya.

15. Sitar

Sitar via Alibaba

Sitar adalah alat musik tradisional yang berasal dari mancanegara tepatnya wilayah Asia Selatan. Alat musik yang begitu melegenda dalam seni musik Hindustan ini dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak zaman pertengahan.

16. Gitar

Gitar via zealmusik

Gitar adalah salah satu alat musik tradisional yang masih sering digunakan hingga kini oleh masyarakat hampir diseluruh dunia. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan memeiliki beberapa kunci nada.

17. Banjo

Banjo via Amazon

Alat musik yang satu ini memang sangat jarang dikenal. Alat musik tradisional ini berasal dari wilayah Amerika. Menurut sejarah alat musik ini dipakai oleh budak dari wilayah Afrika yang ada di negara Amerika sebagai sarana hiburan.

18. Mandolin

Mandolin via Amazon

Mandolin adalah alat musik tradisional yang berasal dari wilayah eropa tepatnya dari negara Italia. Ukuran alat musik ini lebih kecil dari gitar. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam acara hiburan rakyat.

19. Pipa /Cina Kecapi

Alat musik tradisional yang berasal dari Tiongkok ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dinasti Qin. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan tali senar. Orang-orang lebih banyak mengenal alat musik ini dengan nama Kecapi Cina.

Lihat: Alat Musik Papua

Beli Alat Musik Petik, Dimana?

Ada banyak tempat untuk Anda membeli alat musik petik tradisional. Mulai dari beli secara online maupun secara offline. Untuk belanja online, Anda harus terhubung dengan jaringan internet dan memakai media alat komunikasi modern, seperti gadget, tablet atau laptop. Pada Komunikasi Daring ada banyak toko online yang siap membantu Anda menemukan apa yang diinginkan.

Sedang untuk cara beli secara offline, Anda bisa datang ke toko penjualan alat musik yang ada di kota Anda. Kelebihannya, Anda bisa melihat langsung bentuk fisiknya. Beda dengan belanja secara online yang hanya melihat dalam bentuk digital saja.

Untuk waktu, Anda lebih efisien memakai cara belanja online. Cukup hanya dari rumah saja, Anda sudah bisa melakukannya. Jika Anda ragu dalam melakukan pembayaran, maka Anda bisa meminta kepada mereka membayar di rumah ketika pesanan barang sudah sampai. Pada akad begini biasanya syarat dan ketentuan berlaku.

Lihat: Alat Musik Jawa Barat

Cukup sekian dahulu informasi mengenai alat musik petik tradisional kami sampaikan kepada para pembaca melalui media blog. Kami berharap artikel ini memberikan banyak manfaat. Jika ditemukan ada kesalahan, silahkan sampaikan koreksi Anda untuk kami.