Apa Itu Digital Marketing? Ketahui Manfaatnya Disini

Posted on

Istilah digital marketing tentu sudah tidak asing lagi di era digital seperti saat ini. Berbagai bidang bisnis banyak yang berhasil sukses dan meraup keuntungan berlipat dengan menerapkan konsep digital marketing.

Tak heran jika akhirnya banyak orang yang berlomba-lomba mencari tahu apa itu digital marketing dan bagaimana cara mengaplikasikannya dalam bisnis dan salah satunya adalah dengan mengikuti kursus internet marketing terbaik.

Sesuai namanya, digital marketing memiliki arti sebagai segala bentuk dan teknik pemasaran yang dilakukan dengan melibatkan teknologi digital baik melalui smartphone maupun laptop dan komputer.

Menurut Dave Chaffey, digital marketing mencakup pengelolaan berbagai bentuk kehadiran perusahaan secara digital seperti halaman perusahaan di media sosial, aplikasi smartphone, situs website, dan lain sebagainya.

credit: istockphoto

Keuntungan Digital Marketing Vs Pemasaran konvensional

Digital marketing memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan pemasaran cara konvensional, di antaranya:

1.         Jangkauan konsumen lebih luas dan tidak terbatas pada jarak dan waktu tempat perusahaan berada.

2.         Tidak hanya menjangkau pasar nasional, produk atau jasa yang dijual dengan konsep digital marketing bisa dijual hingga pasar luar negeri dengan cara yang relatif lebih mudah.

3.         Pemasaran dengan teknologi digital relatif lebih mudah dan murah untuk dilakukan dengan hasil yang relatif cepat bisa dirasakan.

4.         Pelaku bisnis dapat mengetahui perkiraan jumlah calon kunsumen untuk melakukan pemetaan yang berhubungan dengan pemasaran bisnis yang dilakukan.

Manfaat Digital Marketing

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, digital marketing memiliki banyak manfaat sebagai berikut:

1.         Koneksi yang lebih mudah dan luas

Dengan teknologi digital yang ada, kamu bisa lebih mudah terhubung dengan konsumen kapanpun dan dimanapun secara real time. Dengan kemudahan teknologi ini kamu bisa dengan lebih mudah melayani pelanggan tanpa khawatir pelanggan menunggu balasan lama karena segala pemesanan bisa dilakukan secara otomatis baik dengan chatbot atau form pemesanan otomatis.

Selain itu, jika kamu menggunakan layanan iklan seperti FB Ads, IG Ad, atau Google Ads, maka jangkauan konsumen bisa lebih luas dan bisa ditentukan targetnya mulai dari wilayah, jenis kelamin, juga usia. Biaya yang dikeluarkan pun cenderung lebih minim dan terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan di media elektronik, media cetak, maupun memasang spanduk.

2.         Memudahkan untuk mengakses data

Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan saat memanfaatkan digital marketing adalah data. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai data yang berhubungan dengan marketing maupun produk yang dijual.

Kamu bisa menggunakan data tersebut untuk membangun brand awareness dari brand yang sedang dibangun.

Selain itu, data yang berkaitan dengan data demografi hingga behaviour bisa dengan mudah didapatkan melalui form pertanyaan atas kepuasaan pelanggan dan apa yang menjadi minat konsumen. Berdasarkan data yang didapatkan kamu akan dengan lebih mudah membuat keputusan-keputusan penting dan strategis yang menguntungkan bagi bisnis dan perusahaan.

3.         Lebih efektif dan efisien

Pemasaran dengan konsep digital marketing dinilai lebih efektif dan efisien karena tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk membuka toko dan menjangkau pasar yang lebih tertarget.

Kamu tidak harus menyewa tempat dan membeli furnitur untuk kebutuhan usaha karena kamu bisa melakukannya dengan hanya memfoto produk yang dijual dan mem-postingnya di media sosial atau media digital lainnya yang digunakan sebagai alat promosi.

Modal yang dikeluarkan untuk iklan dan promosi pun cenderung lebih murah dan terjangkau serta bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi karena target konsumen yang nantinya akan kamu dapatkan tidak hanya bergantung pada lalu-lalang orang di sekitar toko.

Setelah mengetahui keunggulan dan manfaat digital marketing, tentunya bukan keputusan sulit yang harus diambil untuk memulai bisnis apalagi jika belum memiliki modal yang banyak untuk memulainya.

Kamu bisa membuka toko dengan mudah dan gratis melalui akun media sosial yang dimiliki dan membagikannya kepada follower atau friend list di media sosial tersebut.

Aset atau jenis media yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran dengan konsep digital marketing di antaranya adalah konten blog, situs website, media sosial, marketplace, youtube, dan lain sebagainya.

Dengan strategi bisnis yang mumpuni mulai dari teknik SEO (search engine optimization), SMO (social media optimization), SEM (search engine marketing), SMM (social media marketing), iklan online, e-mail marketing, affiliate marketing, dan lain sebagainya maka akan lebih mudah untuk kamu dalam membangun brand-awareness dan meningkatkan jangkauan target market yang loyal.

Dan salah satu tempat kursus digital marketing terbaik paling rekomendasi yang bisa Kamu ikuti ada di Codeva Academy dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

Silahkan berkomentar